Dark/Light Mode

Ciptakan Administrator Muda, Unggul Dan Bertalenta

Politeknik STIA LAN Bandung Luluskan 397 Wisudawan

Senin, 27 November 2023 12:18 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah tuntutan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, Politeknik STIA LAN dituntut untuk mampu menciptakan lulusan yang unggul dan berkualitas.

Tidak hanya memiliki keahlian akademis, tetapi keterampilan administrasi yang mumpuni dan berdaya saing. 

Sebagai perguruan tinggi terapan, Politeknik STIA LAN Bandung diharapkan mampu mencetak administrator-administrator muda yang unggul dan bertalenta guna mewujudkan visi tersebut.

Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Basseng, saat memberikan sambutan pada Wisuda ke 41, Politeknik STIA LAN Bandung, di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Bandung, Sabtu (25/11/2023).

Kata Basseng, administrator muda memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pembangunan bangsa dan negara.

Mereka merupakan ujung tombak dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya, baik itu dalam sektor pendidikan, pemerintahan, maupun industri.

Baca juga : Kepala LAN Kukuhkan Guru Besar Politeknik STIA LAN Jakarta

Keberadaan administrator muda sangat krusial. Tidak hanya mampu memastikan roda pemerintahan dan pelayanan publik dapat berjalan dengan baik, tetapi juga mampu memberikan inovasi dan terobosan di tengah berbagai kebuntuan yang dihadapi birokrasi saat ini.

“Sebagai informasi bahwa mewujudkan Indonesia Emas 2045 mendatang, Pemerintah telah memiliki lima sasaran strategis," kata Basseng di Bandung.

Pertama, pendapatan per kapita bangsa Indonesia pada tahun 2045 itu sudah setara dengan negara-negara maju, yakni 33.300 dollar AS per tahun.

Kedua, kemiskinan menuju 0 persen. Ketiga, indeks global power atau kepemimpinan dan pengaruh di dunia internasional meningkat menjadi 15 besar.

Keempat, indeks human capital meningkat menjadi 0,75. Kelima, intensitas emisi gas rumah kaca menuju net zero emission.

"Menyikapi kelima sasaran tersebut, maka setiap administrator muda dituntut untuk memahami serta mampu menerapkan peeubahan yang positif di berbagai sektor," ujar Basseng.

Baca juga : Bamsoet Ajak Generasi Muda Tingkatkan Literasi Politik Bangsa

Untuk memastikan para administrator muda mampu menghadapi dinamika yang sangat kompleks di era VUCA dan BANI saat ini, mereka perlu dibekali Keterampilan administratif yang kuat, pemahaman mendalam tentang perkembangan teknologi, serta kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi yang baik.

Lulusan Politeknik STIA LAN Bandung dinilai memiliki kemampuan paripurna tersebut, dengan bekal keterampilan administratif yang tinggi, penanaman jiwa pemimpin perubahan serta kemampuan dalam berpikir out of the box untuk mencari solusi setiap permasalahan.

Keyakinan ini didasarkan pada banyaknya alumni yang telah berhasil dalam karir profesional dan menduduki jabatan-jabatan strategis di pemerintahan.

"Mereka telah membuktikan bahwa lulusan Politeknik STIA LAN Bandung mampu berkiprah menjadi pemimpin sektor publik. Tentu saja hal ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi wisudawan yang hari ini telah dinyatakan menjadi sarjana dan magister administrasi untuk senantiasa berjuang dan berkiprah lebih baik untuk masa depan," tutur Basseng.

Ia berharap, proses wisuda ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan baru para wisudawan untuk terus berproses menyongsong masa depan yang cerah menjadi administrator muda yang unggul, bertalenta, dan siap berkarya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Sementara dalam laporannya, Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Nur Affandi menyampaikan, pada Wisuda Politeknik STIA LAN Bandung Ke-41 tahun yang mengusung tema "Melangkah Bersama Administrator Muda yang Unggul Bertalenta Siap Berkarya Untuk Indonesia” meluluskan 397 wisudawan.

Baca juga : Hadirkan Pemuda Papua Bertalenta, PYCH Binaan BIN Sukses Gelar Pertunjukan di DKI

Rinciannya, 378 wisudawan dari Program Sarjana Terapan, dan 19 wisudawan dari Program Magister Terapan.

Dalam kesempatan ini juga dibacakan 4 wisudawan terbaik dari program magister dan sarjana.

Betaria Ayuh Suryaningsih, Program Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara dengan IPK 3.82.

Nur Sabrina Hidayah, Program Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Sektor Publik dengan IPK 3.88.

Alda Jamilathul Ummah, Program Sarjana Terapan Administrasi Pembangunan Negara dengan IPK 3.85.

Ega Nugraha, Program Sarjana Terapan Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur dengan IPK 3.87.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.