Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kesadaran Orang Tua Ajarkan Anak Gosok Gigi Masih Minim

Selasa, 10 Desember 2019 00:57 WIB
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta penyuluhan dan pengobatan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan FKG Usakti, di SDN 01 Tomang, Senin (9/12). (Foto: Dok. FKG Usakti)
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta penyuluhan dan pengobatan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan FKG Usakti, di SDN 01 Tomang, Senin (9/12). (Foto: Dok. FKG Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesadaran para orang tua dalam mengajarkan anak-anaknya menggosok gigi masih minim. Hal ini terlihat dari banyak anak yang memiliki gigi berlubang.

Hal tersebut dikatakan drg. M Novo Perwira Lubis, dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas trisakti (Usakti). Temuan soal banyaknya anak yang memiliki gigi berlubang itu didapat saat FKG Usakti melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta penyuluhan dan pengobatan kesehatan gigi dan mulut, di SDN 01 Tomang, Senin (9/12).

Berita Terkait : KCI Sediakan Ruang Pelayanan Disabilitas di Stasiun Juanda

"Banyaknya anak yang memiliki gigi berlubang terlihat saat dokter gigi dari FKG Usakti melakukan pemeriksaan gigi kepada 96 anak-anak SDN 01 Tomang. Hasilnya, setengahnya memiliki gigi berlubang," ujar drg. M Novo Perwira Lubis.

Menurut Ketua Panitia Penyuluhan ini, hal itu terjadi karena kebiasaan makan makanan yang manis dan cara menggosok gigi yang salah. Terutama saat mau tidur. 

Berita Terkait : Masih Banyak yang Salah dalam Gosok Gigi

Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan gigi gratis, dan gosok gigi bersama di SD 01 Tomang ini diikuti 96 siswa/i kelas II. Dalam acara ini, FKG Usakti melibatkan dosen, 15 mahasiswa coa-ss semester akhir, serta 7 dokter gigi.

Kepada anak-anak, Novo pun berpesan untuk berkumur-kumur setelah makan makanan manis, menggosok gigi sebelum tidur, dan memeriksakan gigi setiap enam bulan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit gigi, sehingga anak- anak tidak terganggu pelajaranya.

Berita Terkait : Karya Susi Ditenggelamkan

Kepala SD 01 Tomang, Rusna Simarmata, mengucapkan berterima kasih atas penyuluhan dan pengobatan gratis gigi dan mulut di sekolahnya. "Kami senang dengan hadirnya dokter gigi dan mulut dri FKG Universitas Trisakti yang telah memberikan ilmu terkait manfaat terhadap anak-anak dalam menyikat gigi yang benar serta penyakit yang timbul pada gigi dan mulut serta rutin dilaksanakan," ucapnya

Pengawas Sekolah, Rugiman, juga  menyambut positif kegiatan dari FKG Usakti ini. "Kami berharap, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan gigi secara gratis rutin dilakukan tidak hanya di SDN 01 Tomang, tapi di beberapa sekolah dasar lain. Sehingga anak-anak memiliki kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut,” ucapnya. [USU]