Dark/Light Mode

Tips Mudah Tetap Bugar dan Sehat Saat di Rumah

Sabtu, 21 Maret 2020 16:30 WIB
Carlo Tamba (Foto: Dok. FITCO)
Carlo Tamba (Foto: Dok. FITCO)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anjuran untuk membatasi ke luar rumah kini sedang ramai disuarakan berbagai pihak untuk menekan penularan Virus Corona alias Covid-19. Ditambah dengan kebijakan work from home yang sudah mulai dilaksanakan banyak institusi, baik pemerintah maupun swasta.        

Namun, bertahan di rumah bukan berarti ajakan untuk menjadi pasif dan diam saja. Anjuran ini justru mendorong kita untuk menjaga kebersihan di rumah dengan mengurangi risiko terpapar virus maupun ancaman kesehatan lain yang ada di luar rumah.       

“Kekebalan tubuh merupakan salah satu aspek paling penting yang perlu secara terus-menerus dibangun, ditingkatkan dan dijaga untuk mempertahankan diri dari berbagai virus dan ancaman kesehatan di luar sana," ucap Carlo Tamba, Fitness Development Manager di FITCO, perusahaan rintisan yang berkomitmen pada produk gaya hidup aktif dan sehat, Sabtu (21/3).      

Baca juga : Perangi Corona, Jokowi Sudah Pesan 5 Juta Pil Avigan dan Obat Antimalaria

Carlo menambahkan, selain menerapkan perilaku menjaga kebersihan secara disiplin, sangat penting untuk mempraktikkan gaya hidup yang aktif melalui latihan fisik dan olahraga, istirahat cukup, serta mengkonsumsi makanan bergizi. Carlo merekomendasikan beberapa hal untuk menjaga diri agar dapat tetap aktif dan sehat meski sedang berada di rumah.        

Pertama, mengatur jadwal. Saat berada di rumah, sangat sulit untuk menahan diri dari berbagai godaan yang cenderung mengajak bersantai dan bermalas-malasan.       

"Untuk menyiasatinya, buatlah jadwal rutin yang mengatur waktu olahraga selayaknya mengatur jadwal harian. Terdengar ekstrim mungkin, tapi memasukkan jadwal latihan ke dalam agenda menunjukkan kalau kebugaran tubuh memang menjadi prioritas bagi Anda, bukan sekedar hobi," terangnya.    

Baca juga : Istiqlal Tetap Selenggarakan Shalat Jumat

Kedua, pilih latihan fisik/olahraga yang diaukai. Untuk membantu memotivasi diri agar lebih disiplin, sesuaikan jenis latihan atau olahraga sesuai dengan minat agar mempunyai elemen yang menyenangkan dan tidak membebani.         

"Jenis latihan fisik yang dilakukan juga dapat beragam. Mulai dari intensitas rendah, sedang, hingga tinggi. Melakukan gerakan fitness/kebugaran sebaiknya lebih diperhatikan dibandingkan dengan olahraga permainan seperti basket, tenis, sepak bola, yang lebih berkonsep permainan untuk bertanding dan menang," terangnya.       

Ketiga, lakukan sesuai panduan profesional. Untuk memastikan latihan fisik efektif dan efisien, bisa mengikuti panduan coach profesional.       

Baca juga : Kapuspen: Mendagri dan Istri dalam Kondisi Sehat Walafiat

"Tidak sulit  mencari informasi dan referensi panduan olahraga dari coach profesional meski sedang berada di rumah. Salah satunya bisa melalui konten workout at home yang bisa diakses dari berbagai kanal media sosial ataupun aplikasi olahraga," kata Carlo.      

Keempat, kualitas alat olahraga. Jika ingin menggunakan alat bantu olahraga, jangan lupakan kualitasnya. Produk yang berkualitas umumnya lebih tahan lama dan tentunya memberikan kenyamanan dan kemudahan saat melakukan latihan. Untuk mengetahui kualitas dari alat olahraga yang digunakan, pilihlah alat olahraga melalui brand yang sudah dikenal.         

Kelima, alokasikan waktu untuk istirahat. Terlepas dari pentingnya menjaga kesehatan melalui aktif berlatih fisik, jangan pula lupa untuk mengalokasikan waktu untuk beristirahat. "Waktu istirahat diperlukan untuk mengistirahatkan seluruh otot yang mungkin tegang akibat berolahraga," tutup Carlo. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.