Dark/Light Mode

Gara-Gara Corona, Pocong Viral Sampai Korea

Kamis, 2 April 2020 20:38 WIB
Gara-Gara Corona, Pocong Viral Sampai Korea

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada-ada saja. Berkat Corona Covid-19, hantu "endemik" Indonesia, Pocong, viral sampai ke mancanegara.

Sebuah media di Korea Selatan, sampai-sampai mengulasnya dalam laporan berita. Bagaimana mulanya setan lokal Tanah Air ini terkenal dan viral hingga ke Negeri Ginseng?

Ceritanya berawal dari aksi warga sebuah desa di Jawa Tengah yang nyleneh. Untuk menjaga desa dan mengusir warga yang keluyuran saat pandemi Covid-19, warga Desa Kesongo, Kepuh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah berkostum layaknya hantu Pocong.

Dalam berbagai foto yang beredar, dua orang warga desa berkostum pocong menjaga pintu masuk gapura desa. Mereka juga menakut-nakuti orang yang keluyuran saat pandemi Corona untuk tetap di rumah. Agar virus tidak semakin menyebar.

Baca juga : Karena Corona, Perusahaan Alih Daya Surati Jokowi

Tak disangka, berita hantu pocong untuk menekan angka keluyuran selama physical distancing menjadi sorotan salah satu media TV di Korea Selatan. Hal ini diketahui oleh sejumlah warganet di media sosial Twitter.

Salah satunya oleh akun @realrkzminho. Ia mengunggah potongan video berita yang tayang di stasiun TV MBC berdurasi 47 detik.

Pembawa berita perempuan menjelaskan video yang ditayangkan pada layar di belakangnya.

Dalam video, nampak suasana malam hari di Indonesia. Ada sejumlah warga yang berjalan di kegelapan. Tak lama kemudian, ada pocong-pocongan yang bersembunyi di balik pohon. Menakut-nakuti warga yang keluyuran.

Siaran berita di TV MBC ini juga menampilkan foto viral dua pocong, yang tengah berjaga di pintu masuk desa.

Baca juga : Perhutani Tetap Garap Lahan Negara

Sedangkan judul yang tertera dalam siaran berita Korea Selatan itu adalah "Kemunculan Hantu Indonesia di Masa Covid-19 dan Untuk Mencegah Penyebaran Virus, Pocong Berjaga."

"Pocong adalah hantu Indonesia berbentuk jasad yang dibalut kain berdasarkan pemakaman secara Islam. Alasan pocong berkeliaran untuk melindungi desa adalah karena orang-orang lebih takut pada pocong daripada tertular virus Corona," tambah pembawa berita tersebut.

Tak hanya televisi, salah satu portal media asal Korea Selatan, SBS.co.kr juga ikut memberitakan foto viral itu dengan judul "Pencegahan Covid-19, Desa di Indonesia Sampai Dijaga Hantu Pocong".

Media tersebut juga menggambarkan sosok pocong yang merupakan 'gwisin' atau hantu asal Indonesia.

"Prosedur pemakaman Islam di Indonesia itu adalah dengan membungkus tubuh dari atas sampai bawah, dengan selembar kain dan mengikat enam tempat dari kepala hingga kaki. Tubuh yang diikat itu disebut pocong,” demikian tertulis di SBS.

Baca juga : YLKI Minta Golongan 1300 VA Juga Dapat Diskon Listrik

Dijelaskan pula, ruh dari jenazah itu akan gentayangan jika tali pocong tidak dilepaskan. Sebelum dimakamkan, petugas pemakaman harus melepas talinya dulu.

Jika tidak dilepas, maka jiwa orang yang meninggal itu tak ingin meninggalkan tubuhnya yang sudah dimakamkan dan menjadi gentayangan atau jadi setan.

Di Twitter, warganet malah bangga dengan  berita ini. "Bangga banget sama pocong, sekarang dia udah go international ke Korea," kicau @Asknonym serupa dengan @radepn.

"Congrats pocong, u udah go international macem Agnez Mo." Tweeps @K_DramaIndo menimpali. "Pocong Indo masuk berita Korea. Congrats Pocongie Oppa!!" cuitnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.