Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dokter Fauci Konsumsi Vitamin C dan D Selama Pandemi, Ini Manfaatnya

Minggu, 13 September 2020 10:33 WIB
Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Anthony Fauci. (Foto AFP)
Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Anthony Fauci. (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ahli penyakit menular sekaligus Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat, Anthony Fauci, menyatakan, ia meminum vitamin D dan C untuk meningkatkan kekebalan. 

"Jika Anda kekurangan vitamin D, itu berdampak pada kerentanan Anda terhadap infeksi. Saya tidak keberatan merekomendasikannya dan saya juga mengonsumsi suplemen vitamin D ini," kata Fauci, dalam wawancara Instagram Live dengan aktris Jennifer Garner, dikutip dari Insider

Baca juga : Firli Kembali Disidang Etik Selasa Pekan Depan

"Vitamin lain yang perlu dikonsumsi orang adalah vitamin C karena merupakan antioksidan yang baik," imbuhnya.

Sebagai informasi, sudah banyak studi menunjukkan bahwa vitamin D dan C adalah nutrisi terbaik untuk meningkatkan kekebalan. Bukti ekstensif telah mengaitkan kekurangan vitamin D terkait dengan risiko infeksi yang lebih besar, terutama dari penyakit pernapasan seperti Covid-19. Hal ini yang membuat banyak peneliti menyelidiki penggunaan suplemen vitamin D untuk membantu mencegah atau mengurangi efek Virus Corona.

Baca juga : Kejar Cuan Di Tengah Pandemi, Ini Jurus MNCN

Namun para ahli masih memperdebatkan, karena tidak sepenuhnya mengetahui apakah suplemen vitamin D dapat memberi efek bagi infeksi Covid-19.

Sementara itu, vitamin C disebut sebagai antioksidan baik yang mampu mencukupi kebutuhan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memang belum terbukti mencegah penyakit meski telah dianggap mampu memercepat pemulihan pada flu biasa. 

Baca juga : Di Tengah Pandemi Covid, Perhutani Gerak Cepat Bantu Masyarakat

Meski suplementasi vitamin penting, Fauci tetap menyarankan protokol kesehatan sebagai tameng utama dalam menghadapi Covid-19. Menurut dia, penggunaan masker, membatasi jarak sosial, dan memastikan kebersihan tangan masih jadi tindakan pencegahan utama. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.