Dark/Light Mode

Dengan Dosis Tepat, Manfaat Vitamin E Bisa Didapat Lho...

Jumat, 2 Oktober 2020 22:28 WIB
Ilustrasi konsumsi vitamin E/Ist
Ilustrasi konsumsi vitamin E/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang sangat esensial dan dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin E bermanfaat dalam membantu melindungi sel-sel tubuh.

Termasuk dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Karena pada kulit sehat, di setiap lapisannya terkandung vitamin E yang harus dipelihara kadarnya setiap hari.

"Penelitian menunjukkan bahwa pada kulit yang tidak sehat seperti kering, kusam, kasar, kadar vitamin E di setiap lapisannya berkurang," ungkap Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, Michael Reo.

Menurutnya, vitamin E dapat mencegah proses oksidasi oleh radikal bebas. Selain itu bisa menjaga stabilitas dan integritas membran sel-sel kulit.

Baca juga : Beli Motor Di Momotor.id Bisa Dapat Motor

Dalam hal daya tahan tubuh, pertama, vitamin E berfungsi mencegah masuknya virus dan bakteri. Kedua ,mengaktifkan sistem imunitas tubuh seperti meningkatkan aktivitas antibodi serta sel pembunuh alami dalam melawan benda asing.

Dan, vitamin E membantu mencegah kerusakan sel-sel daya tahan tubuh dari radikal bebas dan melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh sebab itu, tambahan asupan vitamin E dengan konsumsi suplemen merupakan hal yang sangat direkomendasikan oleh dunia medis. Tentunya, diperlukan dosis yang aman dan efektif untuk penggunaan jangka panjang.

Vitamin E dengan dosis 100 IU (International Units) direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah kulit seperti kulit kusam, berjerawat yang biasanya dialami pada usia di bawah 25 tahun. Dosis bisa ditingkatkan lagi apabila kondisi kulit agak kering.

Baca juga : Kenali Manfaat Insecure, Yang Tak Selalu Dianggap Negatif

Sementara, untuk mereka yang memiliki kulit yang mudah kering atau kering dengan berbagai macam aktivitas yang padat di dalam dan di luar ruangan, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin E dengan dosis 300 IU per-harinya. Kondisi kulit seperti ini biasanya dialami pada usia di atas 25 tahun. 

"Rekomendasi ini masih di bawah dosis maksimal vitamin E per hari, yaitu 400 IU. Angka ini merupakan dosis maksimal yang ditetapkan BPOM, dipastikan aman untuk penggunaan jangka panjang," jelas Michael.

Suplemen vitamin E yang berasal dari bahan alami seperti ekstrak biji gandum dan biji bunga matahari, dua kali lebih baik diserap oleh tubuh. 

Penyerapan ini akan lebih nyaman dan efektif ketika dikonsumsi dalam bentuk kapsul lunak atau sering disebut soft capsule.

Baca juga : Bolehkan Pelanggan Makan di Tempat, 2 Restoran di Jaktim Ditutup Satpol PP

“Selain suplemen, asupan vitamin E didapat dari konsumsi makanan seperti minyak sayur, sayuran berwarna hijau dan sereal. Dengan kandungan nutrisi tambahan, telur juga kacang-kacangan," tandasnya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.