Dark/Light Mode

Bingung Nolak Undangan Di Tengah Situasi Pandemi? Begini Etikanya…

Rabu, 14 Oktober 2020 23:20 WIB
Bingung Nolak Undangan Di Tengah Situasi Pandemi? Begini Etikanya…

 Sebelumnya 
Beri Penjelasan Singkat

Anda bisa menjelaskan ketidakhadiran Anda, dengan menyebut telah memiliki komitmen untuk mengutamakan keluarga, atau harus ekstra hati-hati karena merawat lansia di rumah.

Jangan lupa mengucapkan terima kasih dan jelaskan, jika tak dalam situasi pandemi, Anda pasti akan hadir. “Jangan terlalu spesifik memberikan alasan. Tak usah bertele-tele mengatakan, saya baru merasa nyaman bila hanya 5 atau 6 orang yang hadir. Nanti ujung-ujungnya, Anda akan bilang, ah tak apa. Ini hanya 10, 5 orang bisa di dapur dan 5 orang di ruang makan. Sehingga akhirnya, Anda akan mengatakan tidak untuk kedua atau ketiga kali,” ujar Smith.

Hindari Perdebatan

Baca juga : Shin Tae Yong Puji Kemenangan Timnas U-19 Indonesia Vs Makedonia Utara 4-1

Tak perlu mencela orang atas ketakutannya terhadap risiko penularan Covid atau hal-hal sejenis itu. Jika tuan rumah tak terima dengan keputusan Anda, dan menyebut Anda terlalu berhati-hati, maka segera ubah topik pembicaraan dan menyudahinya dengan tepat.

Jika tak nyaman dengan cara orang lain dalam menghadapi situasi pandemi Covid, tak masalah jika Anda mengambil jeda dalam hubungan.

Ajukan Undangan Balasan

Jika ada hal lain yang ditawarkan dan Anda merasa nyaman, Anda harus terima tawaran itu. Anda juga bisa mengatur rencana pertemuan virtual via Zoom dan sejenisnya.

Baca juga : Jokowi Sebut Masker Bisa Jadi Peluang Bisnis UMKM Kalteng

Kirim Kado

Jika tak dapat hadir memenuhi undangan acara pesta ulang tahun, pernikahan atau lainnya, secara etika Anda harus mengirim hadiah pengganti diri.

Berempati dan Menunjukkan Kasih Sayang

Seperti semua aspek kehidupan di era Covid-19, penting bagi kita untuk bersikap pengertian dan penuh kasih. Pada akhirnya, etika adalah tentang cara menunjukkan rasa hormat kepada orang lain.

Baca juga : Malaysia: Krisis Politik Di Tengah Pandemi Hingga Pembungkaman Media

"Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda, seperti politik dan agama. Kami menjaga jarak dan mengikuti CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS) tak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk menghormati orang lain. Tetap hormati perasaan orang lain. Namun, jangan ragu menolak undangan, jika tak sesuai dengan parameter jaga jarak Anda,” saran Gottsman. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.