Dark/Light Mode

Masker Ganda Jauh Lebih Efektif, Benarkah?

Rabu, 10 Februari 2021 10:22 WIB
Wakil Presiden AS Kamala Harris, mengenakan dobel masker. (Foto: Getty Images)
Wakil Presiden AS Kamala Harris, mengenakan dobel masker. (Foto: Getty Images)

 Sebelumnya 
Material Masker

Direktur O’Neill Institute for National and Global Health Law, Georgetown University, Lawrence Gostin mengatakan, jika digunakan dengan benar, semua masker efektif. Namun, ia mengingatkan, jenis dan tingkat kecocokan masker dapat memberikan manfaat yang signifikan, ketimbang jumlah yang Anda kenakan.

Baca juga : Bu Risma, Nyerah?

"Masker ganda meragukan, kalau kita tidak tahu material penyusunnya, dan malah membuat kita merasa tidak nyaman. Yang pasti, masker medis dan KN95 memberikan manfaat yang lebih baik," terang Gostin.

Para ahli setuju, masker yang baik harus terdiri dari beberapa lapis. "Dalam hal ini, CDC merekomendasikan penggunaan satu masker, yang terdiri dari dua atau tiga lapisan. Jadi, kalau masker Anda sudah terdiri dari beberapa lapis, tak perlu lagi menggunakan masker ganda," kata dr. Raed Dweik, Ketua Cleveland Clinic's Respiratory Institute.

Baca juga : Survei LSI, KPK Masih Dianggap Lembaga Paling Efektif Berantas Korupsi

Untuk penggunaan masker ganda, Direktur Center for Innovation in Global Health, Georgetown University, Dr.Charles Holmes menyarankan penggunaan masker yang memiliki tingkat efektivitas tinggi di bagian dalam, atau sebagai lapis pertama. Misalnya, Anda mengenakan masker KN95 dulu, baru kemudian masker bedah. Atau, masker bedah dulu, lalu dilapisi masker kain.

"Intinya, masker terbaik adalah yang simpel menutupi bagian wajah Anda, yang Anda gunakan secara konsisten dan benar," kata Holmes. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.