Dark/Light Mode

Masker Ganda Jauh Lebih Efektif, Benarkah?

Rabu, 10 Februari 2021 10:22 WIB
Wakil Presiden AS Kamala Harris, mengenakan dobel masker. (Foto: Getty Images)
Wakil Presiden AS Kamala Harris, mengenakan dobel masker. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak orang berpendapat, pemakaian dua masker untuk memproteksi diri terhadap ancaman Covid, terlebih setelah kemunculan berbagai varian baru, jauh lebih baik ketimbang hanya satu masker.

Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Senator Mitt Romney, kerap mencontohkan dobel masker. Bahkan, Ahli Penyakit Menular AS Anthony Fauci merekomendasikan warga Paman Sam, untuk melakukan hal serupa.

Dalam serial chat #AskReutersTwitter, Reuters mengumpulkan semua jawaban ahli untuk menjawab pertanyaan terkait Coronavirus. Termasuk, jawaban yang terkait cara memakai masker yang benar.

Baca juga : Bu Risma, Nyerah?

"Dalam memakai masker, Anda harus konsisten menutup area hidung dan mulut, jika berada di tempat umum," kata Presiden Pan American Society for Clinical Virology, Dr.Matt Binnicker seperti dilansir Reuters, Rabu (10/2).

"Kita harus betul-betul mematuhi aturan tersebut, ketimbang pusing memikirkan masker ganda," imbuhnya.

Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan masker ganda, hal-hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Baca juga : Survei LSI, KPK Masih Dianggap Lembaga Paling Efektif Berantas Korupsi

Tujuan Bepergian

Dr. Josch Schiffer, profesor yang bekerja di Fred Hutchinson Cancer Research Center mengatakan, jenis dan jumlah masker yang Anda perlukan, sangat tergantung pada tujuan Anda bepergian. 

"Penting bagi Anda untuk memakai masker secara efektif dan konsisten, jika berada di lingkungan yang super spreader, atau berpotensi tinggi terhadap penularan Covid," jelasnya.

Baca juga : Minyak Kayu Putih Untuk Obat Covid, Benarkah?

Dalam hal ini, Schiffer merekomendasikan penggunaan masker kain, jika Anda hanya ingin berjalan-jalan santai bersama anjing peliharaan. Namun, jika Anda hendak pergi ke kantor, toko grosir atau klinik, penggunaan masker KN95, N95, atau masker dobel sangat dianjurkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.