Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Alhamdulillah, Apa Pun Vaksinnya Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Dan Selalu Berdoa

Selasa, 13 April 2021 07:17 WIB
Waktu terbaik penyuntikan vaksi­nasi Covid-19 dosis kedua. (Foto : Instagram @Kemenkes_RI).
Waktu terbaik penyuntikan vaksi­nasi Covid-19 dosis kedua. (Foto : Instagram @Kemenkes_RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenkes_RI mengunggah meme dua botol kecil berisi dua dosis vaksin Sinovac dan vaksin AstraZeneca. Di dalam meme itu disebutkan waktu terbaik penyuntikan vaksi­nasi Covid-19 dosis kedua.

Yaitu, vaksin Sinovac 28 hari setelah menerima dosis pertama. Dan vaksin AstraZeneca 12 minggu setelah menerima dosis pertama.

Dalam keterangan memenya, Kemenkes_ri menegaskan, setiap jenis vaksin Covid-19 memiliki rentang waktu penyuntikan yang berbeda-beda dalam membentuk antibodi maksimal dalam tubuh. Perbedaan tersebut karena perbedaan basis pembuatan vaksin.

Baca juga : Lebaran Virtual Asyik, Asal Kuota Internetnya Disubsidi

Vaksin Sinovac, China, berbasis inactivated virus, atau virus yang telah dimatikan. Sedangkan AstraZeneca, Inggris, memiliki basis teknologi viral vector. Yakni, pemanfaatan virus yang sudah tidak berbahaya.

Begitu juga rentang waktu atau interval penyuntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca se­lama 8-12 minggu. Sementara vaksin Sinovac memiliki rentang waktu lebih pendek, yakni 14 - 28 hari.

Netizen banyak yang bingung dengan postingan Kemenkes_ri. Sebab, sebelumnya kebijakan pemerintah hanya memberi rentang selama dua minggu antara dosis pertama dan kedua untuk vaksin Sinovac.

Baca juga : 5 Hal Bikin Puasa Di Rumah Aja Jadi Lebih Seru

Levelmidnight menyarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyertakan press release dari Sinovac dan AstraZaneca yang menyatakan hal tersebut.

Kata dia, jangan sampai ada tendensi oleh masyarakat bahwa perubahan waktu vaksinasi terkait dari embargo vaksi dari India.

“Dan belum siapnya produksi vaksin merah putih oleh Biofarma,” kata dia.

Baca juga : Menkes Butuh Bantuan Swasta

Hobby Petualang justru mempertanyakan kebijakan pemerintah yang berbeda-beda. Sebelumnya, kata dia, rentang waktu pe­nyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac adalah 14 hari, dari suntik pertama ke suntik kedua. “Sekarang kok berubah,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.