Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Apa Pun Vaksinnya Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Dan Selalu Berdoa

Selasa, 13 April 2021 07:17 WIB
Waktu terbaik penyuntikan vaksi­nasi Covid-19 dosis kedua. (Foto : Instagram @Kemenkes_RI).
Waktu terbaik penyuntikan vaksi­nasi Covid-19 dosis kedua. (Foto : Instagram @Kemenkes_RI).

 Sebelumnya 
“Saya kenapa bulan kemarin waktu dosis vaksin Sinovac hanya dua minggu? tan­ya Dilla73 juga.

Akun @ffjt1212 menjawab. Dia bilang, sebenarnya perusahaan Sinovac sudah meng­informasikan bahwa waktu paling efektif adalah 3 minggu. Hanya saja pertimbangan pemerintah agar sesegera mungkin tenaga kesehatan mendapat vaksinasi sehingga di­percepat.

“Apa bedanya 14 hari dan 28 hari min. Soalnya kemarin saya vaksin jarak antara 1 dan 2 hanya berselang 14 hari,” tanya @anna_mut.

Baca juga : Lebaran Virtual Asyik, Asal Kuota Internetnya Disubsidi

Akun @g_ratuliu menjawab pertanyaan @ anna_mut. Kata dia, posisi imun tubuh pada hari ke 14 setelah vaksin dosis 1 Sinovac mendekati nol. Sedangkan posisi imun tubuh pada hari ke 28 sudah naik kembali.

Sri Ayuningsih 737 juga mempertanyakan hal sama. Kata dia, kenapa rentang waktu antara vaksin Sinovac dan AstraZeneca sangat jauh berbeda.

“Tergantung pengembang vaksinnya yang memang berbeda-beda. Vaksin Pfizer selama 3 minggu,” jawab A_Nasai.

Baca juga : 5 Hal Bikin Puasa Di Rumah Aja Jadi Lebih Seru

Akun @ummych menyambung. Dia men­gaku telah mendapat vaksinasi AstraZeneca dosis pertama pada Jumat (9/4). Kemudian disuruh kembali vaksin dosis dua tanggal 4 Juni. “Lama banget,” keluhnya.

Sukmarini Arie menimpali. Dia mengaku te­lah mendapat vaksin AstraZeneca selama satu kali dan tidak ada efek yang berat. Sejauh ini, yang terasa cuma bekas suntikan saja. “Terasa jarem-jarem,” katanya.

Nahasu_84 bersyukur karena telah men­jalani vaksinasi Covid dosis pertama dan kedua. Dia bilang, sampai saat ini tidak terjadi efek apa-apa. “Sehat dan aman sampai seka­rang,” kata dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.