Dark/Light Mode

Jangan Khawatir, Puasa Bikin Imun Kuat Kok...

Jumat, 16 April 2021 07:57 WIB
Puasa efektif membantu proses peremajaan sistem imun melalui produksi sel darah putih baru. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).
Puasa efektif membantu proses peremajaan sistem imun melalui produksi sel darah putih baru. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).

 Sebelumnya 
“Menjalankan ibadah puasa di kala pandemi bukan alasan untuk kita males gerak dan tidak produktif. Puasa sehat, imun kuat, ibadah nikmat,” ujar MTsN6Malang.

Pnugroho28 memberikan beberapa tips memperkuat imun selama bulan puasa. Di antaranya, menjaga asupan yang berkualitas dan tetap berolah raga.

Baca juga : Ini Tips Dari Dokter Reisa

“Menjaga asupan yang berkualitas, meng­konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein membatasi makanan tinggi lemak dan kurangi konsumsi gula saat berbuka puasa,” tambah covid_gugus.

Onedayonejuz menambahkan, mengkon­sumsi multivitamin saat puasa bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Kata dia, multivitamin juga dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan virus maupun bakteri.

Baca juga : BPTJ Pengen Penumpang Aman Dari Virus Corona

Sakamilenialjtg mengajak netizen mem­perbanyak ibadah dan doa untuk menjaga kondisi mental. Termasuk juga memperbanyak istirahat.

“Jika tiba gilirannya, lakukan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi dengan injeksi intra­muskular tidak membatalkan puasa,” kata dia.

Baca juga : Tidak Usah Dipolitisasi, Ikuti Kaidah Ilmiah Dengan Benar

Lukmanabuyahya mengatakan, mening­katnya imun di bulan puasa harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Yaitu, dengan tidak mengabaikan semua sa­ran medis seperti cuci tangan, masker, social distancing.

“Puasa menjaga hawa nafsu dan imun. Jangan lupa prokesnya,” ungkap EdyZED1. “Yes, prokes tetap dijalankan, iman se­makin kuat, imun pun bertambah. Jalankan hidup sehat, sukseskan vaksinasi,” tam­bah NgkongRoses. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.