Dark/Light Mode

China Sensor Adegan Lady Gaga, Justin Bieber, Dan BTS Di Film Friends, Ini Alasannya

Sabtu, 29 Mei 2021 21:44 WIB
Friends: The Reunion(Foto HBO Max/Terence Patrick)
Friends: The Reunion(Foto HBO Max/Terence Patrick)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di China, episode reunian film Friends menjadi ajang unjuk sentimen penguasa Beijing. Penampilan Lady Gaga dan Justin Bieber, penyanyi AS, serta BTS, grup boyband Korea Selatan dihapus dalam film Friends: The Reunion, gara-gara mereka dianggap pernah menyinggung Negeri Tirai Bambu itu,

Platform streaming China yang menayangkan film itu, yakni iQiyi, Youku, dan Tencent Video, tidak menampilkan adegan ketiganya. Dalam versi lengkap yang tayang di platform HBO, BTS muncul sekitar 15 detik untuk membahas mengapa mereka sangat menyukai Friends.

Sementara Gaga, menampilkan adegan berjalan ke Central Park membawakan Smelly Cat bersama Lisa Kudrow (Phoebe).  Kemudian, Bieber memamerkan barang-barangnya di atas catwalk dengan mengenakan kostum Spudnik yang dipakai David Schwimmer (Ross).

Sebelumnya, ketiga figur publik ini memang punya masalah dengan China, secara langsung maupun tak langsung. BTS misalnya, sempat gagal menyebutkan pengorbanan tentara China selama Perang Korea dalam pidato mereka di 2020. Membuat China sempat marah dan punya sentimen negatif pada pelantun hits Dynamite ini.

Baca Juga : Ngeri, Total Kasus Kematian Akibat Covid Di Karawang Tembus 642

Dalam kasus Gaga, China menganggap pertemuan Gaga dengan Dalai Lama, sosok yang dianggap berbahaya oleh China, pada 2016, tidak bisa diterima.

Sementara Bieber, dianggap China punya banyak perilaku buruk, baik di atas maupun di luar panggung. Membuat pelantun Sorry ini sempat dilarang ke China pada 2017.

Selain penampilan ketiga bintang itu, beberapa bagian yang menampilkan percakapan yang menjurus ke LGBTQ juga dihilangkan. Beberapa adegan juga terpotong tanpa diketahui alasannya.

Sejauh ini, belum diketahui apakah ada keterlibatan pemerintah China dalam pemotongan, ataukah memang murni dari platform streaming itu sendiri.

Baca Juga : Langkah Prabowo Persempit Ruang Gerak Mafia Alutsista

Friends, adalah salah satu serial Barat yang paling populer di seluruh dunia, termasuk China, hingga akhirnya dibuat versi film reuni yang disutradarai Ben Winston di tahun ini.

Episode pertama serial ini tayang pada 22 September 1994, dan kemudian berlangsung selama satu dekade.

Dibintangi Jennifer Aniston, Matt LeBlanc, Matthew Perry, Lisa Kudrow, Courteney Cox, dan David Schwimmer, Friends punya jutaan penggemar fanatik sampai saat ini. 

Banyak warga China mengenal dan mengerti budaya Amerika setelah melihat serial Friends. Termasuk belajar bahasa Inggris dari serial ini.

Baca Juga : Pengadaan Alutsista Baru Wacana, Di Mana Kerugian Negaranya Ya?

Karena banyaknya penggemar Friends di China, pemotongan adegan menyebabkan platform media sosial Weibo memanen protes. Meski Weibo diawasi secara ketat oleh pemerintah China, tapi penggemar fanatik Friends di China tak ragu menyuarakan kekecewaannya.[MEL]