Dark/Light Mode

Sinovac Yakinkan RI, Vaksinnya Efektif Kurangi Gejala Varian Delta

Rabu, 23 Juni 2021 19:48 WIB
Warga Semarang menunggu giliran mendapatkan vaksin Covid-19.(Foto AFP)
Warga Semarang menunggu giliran mendapatkan vaksin Covid-19.(Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Produsen vaksin asal China Sinovac menyatakan vaksin Corona buatannya tetap efektif untuk mengurangi gejala pasien yang terserang Covid-19 varian Delta di Indonesia.

"Vaksin ini memang tidak 100 persen memberikan perlindungan, melainkan bisa mengurangi gejala infeksi dan efektif mencegah kematian," pernyataan Sinovav, dikutip Global Times, Rabu (23/6/2021).

Pernyataan tersebut menanggapi terinfeksinya 350 dokter dan petugas medis di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meskipun mereka telah mendapatkan vaksin buatan Sinovac.

Baca juga : Tenang, Virus Corona Varian India Masih Dapat Ditangkal

Beberapa pakar kesehatan di China mengingatkan,  perlunya tindakan protokol kesehatan yang ketat meskipun telah divaksinasi.

setelah 350 dokter dan petugas medis di Kudus yang menerima vaksin Sinovac hasil tesnya positif saat Indonesia dilanda mutasi varian Delta.

"Hasil uji coba terbaru, vaksin kami yang diberikan secara luas termasuk vaksin Sinovac masih efektif melawan varian Delta," kata Prof Wei Sheng dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Huazhong University of Sciences and Technology, saat diwawancarai CCTV, stasiun televisi resmi China.

Baca juga : Vaksin Virus Corona Di Indonesia Ampuh Lawan Varian Delta

Ia menuturkan pengalamannya dalam pencegahan dan pengendalian pandemi di Guangzhou, Provinsi Guangdong. Menurutnya, risiko penyakit parah bagi orang yang sudah divaksin sangat berkurang dibandingkan dengan mereka yang belum divaksinasi.

"Hal inilah yang menunjukkan bahwa vaksin itu bersifat protektif," ujarnya.

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang sedang berjuang keras mengatasi penyebaran virus varian Delta yang pertama kali ditemukan di India itu.

Baca juga : Masih Terisolir, Latar Belakang Masuknya TMMD Ke Desa Binusan Dalam

Data Kementerian Kesehatan RI menyebutkan, pada 23 Juni 2021, kasus positif bertambah 15.308 kasus. Artinya penambahan kasus pada hari ini tertinggi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Jumlah penambahan hari ini memecahkan rekor sebelumnya pada 21 Juni 2021 sebanyak 14.536 kasus dalam sehari. Sehingga akumulasi positif Covid-19 saat ini lebih dari 2 juta kasus atau sebanyak 2.033.421 kasus.

Program vaksinasi di Indonesia saat ini mayoritas menggunakan vaksin buatan Sinovac yang bermarkas di Beijing melalui skema perjanjian bilateral dengan China.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.