Dark/Light Mode

Hati-hati, Jangan Sembarang Pakai Obat Covid Tanpa Resep Dokter

Sabtu, 3 Juli 2021 20:21 WIB
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Net)
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. RA Adaninggar SpPD angkat bicara soal viralnya aneka info soal obat yang dapat dikonsumsi pasien Covid-19 isolasi mandiri.

Obat-obatan tersebut diklaim sebagai obat yang selalu diberikan rumah sakit, untuk pasien Covid-19. Sehingga, banyak masyarakat yang membeli dan menggunakan obat-obatan tersebut, ketika sakit Covid-19. Tanpa konsultasi dengan dokter.

Padahal, penggunaan obat harus dilakukan secara rasional untuk mencapai tujuan pengobatan yang tepat, efektif, efisien, dan mengurangi risiko yang merugikan.

Baca juga : Ribuan Warga China Pesta Tanpa Masker

Karena itu, obat harus sesuai kebutuhan klinis pasien, dosis sesuai, lama pemberian yang benar, dan biaya terjangkau.

"Yang bisa menilai semua indikator tersebut adalah dokter, dibantu apoteker," ujar dokter yang akrab disapa Ning, via laman Instagramnya.

Ning menambahkan, kondisi pasien Covid-19 tidak sama. Masing-masing punya gejala klinis, penyakit komorbid, umur, dan konsumsi obat terkait penyakit komorbid yang berbeda-beda. Beda pilihan obat, beda lama pemberian obat. Mempertimbangkan indikasi, kontraindikasi, dan kemungkinan interaksi antar obat.

Baca juga : DPR: Jangan Habiskan Waktu Ladenin Covidiot

"Obat yang boleh dan bisa digunakan pasien satu berbeda dengan pasien lain. Tidak bisa disamaratakan," ujar Ning.

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Obat utamanya adalah antibodi tubuh. Obat-obatan yang diberikan, tujuan utamanya adalah men-support antibodi. Karena belum ada obat definitif, misalnya antivirus yang bisa membunuh SARS-CoV-2.

"Pemberian obat-obatan pada pasien Covid harus memberikan manfaat, ketimbang risikonya. Dokter lah yang paling layak menentukan hal ini," tutur Ning.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.