Dark/Light Mode

Hati-hati, Jangan Sembarang Pakai Obat Covid Tanpa Resep Dokter

Sabtu, 3 Juli 2021 20:21 WIB
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Net)
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Net)

 Sebelumnya 
Jenis obat di dalam daftar yang harus diberikan secara rasional, sesuai petunjuk dokter adalah:

1. Antibiotik. Obat ini hanya untuk infeksi bakteri. Penggunaan sembarangan akan meningkatkan risiko terjadinya resistensi antibiotik dan efek samping.

2. Antivirus. Tidak semua pasien harus mendapatkan antivirus. Dalam hal ini, dokter selalu menghitung manfaat dan risikonya, karena belum ada antivirus definitif untuk Covid-19.

Baca juga : Ribuan Warga China Pesta Tanpa Masker

3. Antiradang (Golongan Steroid/NSAID). Obat ini hanya untuk Covid-19 bergejala berat, saat inflamasi lebih dominan dibanding virus. Indikasi hanya untuk alergi, autoimun, radang sendi kronik. Ini adalah obat dengan rentang keamanan kecil, sehingga harus digunakan secara benar, baik dosis ataupun lama pemberian. Karena efek sampingnya sangat banyak.

Bahaya Obat Golongan Steroid & Anti Radang

Ning menjelaskan, pada fase awal infeksi, sistem imun dan keradangan malah dibutuhkan untuk melawan virus secara optimal. "Jadi jangan ditekan dengan obat anti radang," katanya.

Baca juga : DPR: Jangan Habiskan Waktu Ladenin Covidiot

Yang termasuk obat steroid adalah prednison, dexamethason, metilprednisolon. Sedangkan yang termasuk obat antiradang adalah asam mefenamat, akhiran-gin.

Jatuh ke fase 2 dan 3 terjadi bukan karena peradangan awal tidak dicegah. Hal itu terjadi karena kegagalan pembersihan virus di fase awal, yang mengakibatkan kegagalan respon interferon (terkait genetik dan kesehatan imun sejak awal).

"Justru, keradangan normal di awal adalah usaha fisiologis untuk melawan virus," tandas Ning.

Baca juga : Kiai Said: Kita Penonton

Pada fase 3 keradangan berlebihan, obat steroid terbukti memberikan manfaat untuk menekan keradangan yang berlebihan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.