Dark/Light Mode

Hati-hati Masker Medis Palsu, Begini Cara Ngeceknya

Selasa, 13 Juli 2021 20:51 WIB
Memakai masker adalah protokol kesehatan yang sangat penting, di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Net)
Memakai masker adalah protokol kesehatan yang sangat penting, di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini, masker merupakan kebutuhan pokok yang penting. Karena merupakan salah satu senjata pelindung dalam menghadapi penyebaran Covid-19, khususnya varian Delta yang kian meluas.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Amerika Serikat (CDC) pun telah merekomendasikan penggunaan masker ganda (masker medis dan masker kain), untuk menekan risiko penyebaran Covid-19 hingga 96,5 persen.

Terkait hal tersebut, dr. RA Adaninggar, Sp.PD mengimbau masyarakat agar meng-upgrade masker. Supaya dapat memberikan perlindungan lebih optimal.

Baca juga : Donnarumma Terbaik, Pedri Paling Bersinar

Masker yang Anda pakai, harus fit di wajah dan memiliki tingkat kerapatan filtrasi yang baik.

"Hati-hati dengan beredarnya masker medis palsu. Masker tersebut tidak bisa memberikan perlindungan seperti yang diharapkan," kata dokter yang akrab disapa Ning, melalui laman Instagramnya.

Inilah hal yang bisa Anda lakukan, untuk mengetahui kualitas masker medis:

Baca juga : Mau Daftar Vaksinasi Berbayar Di Kimia Farma? Begini Caranya

1. Cek izin edar Kemenkes. Selama tipe atau merk masker yang Anda gunakan di website infoalkes.kemkes.go.id, berarti masker tersebut asli. Karena sudah lolos uji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan memiliki syarat filtrasi untuk masker medis.

2. Uji visual. Masker medis yang baik terdiri dari 3 lapis, dengan lapisan tengah seperti tissue yang bersifat elektrostatis. Pada masker medis palsu, lapisan tengahnya berupa kertas.

3. Uji Air. Masker medis harus waterproof, karena harus bisa menahan percikan droplet dari si pemakai. Pada masker medis yang asli, air tidak merembes atau bocor. Kondisi sebaliknya, terjadi pada masker medis yang palsu.

Baca juga : Prokes Nomor 1, Pilih Pakai Masker Atau Ditenggelamkan

4. Uji Api. Masker medis yang asli, bila dibakar akan meleleh dan tidak gosong. Kalau gosong, berarti ada lapisan kertas di tengahnya, yang menandakan masker tersebut palsu.

5. Uji Tiup. Jika kita menyalakan api dan meniupnya dalam kondisi memakai masker medis yang asli, maka api tidak akan mudah padam karena filtrasinya baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.