Dark/Light Mode

Masih Bingung Memulai Hidup Sehat? Yuk Mantapkan Diri Dengan 3 Tips Ini

Jumat, 5 November 2021 10:35 WIB
Gaya hidup sehat sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. (Foto: Net)
Gaya hidup sehat sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hampir semua orang tahu, hidup sehat adalah hal penting yang harus diupayakan setiap insan. Agar dapat menikmati hidup yang berkualitas, beribadah dengan lancar, bisa bekerja sampai tua, dan tujuan-tujuan positif lainnya.

Namun, tak semua orang tahu, bagaimana caranya memulai hidup sehat. Apalagi, kalau masih dihantui segudang rasa malas. Atau hanya besar keinginan, tanpa ada upaya kuat untuk mewujudkannya. 

Terkait hal tersebut, Ahli Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya, dr. Decsa Medika Hertanto, Sp.PD memberikan sejumlah tips yang disampaikan lewat akun Instagramnya. Berikut uraiannya:

1. Kenali Diri

Baca juga : Eks Sekda Tanjungbalai Bakal Disidang Di Pengadilan Tipikor Medan

Dr. Decsa menyebut, tips pertama untuk memulai hidup sehat adalah mengenali diri sendiri. Setelahnya, cobalah mencari makna dan alasan, mengapa kita ingin hidup sehat. Baru setelah itu, kita bentuk habit atau kebiasaan.

"Sebaiknya sih, kita cari alasan kenapa kita ingin hidup sehat. Karena untuk mencintai sesuatu, kita harus tahu makna di balik apa yang kita lakukan. Sehingga, nanti akan terbentuk komitmen. Misalnya, saya pingin hidup sehat karena tidak mau sakit diabetes di usia mua seperti orangtua saya. Atau, saya ingin sehat untuk tetap bisa beribadah dengan optimal di sepanjang hayat saya. Atau, saya ingin tetap sehat, supaya bisa melihat cucu saya kelak," jelas dr. Decsa via akun Instagramnya.

2. Jadikan Kebiasaan

Yang sebetulnya kita cari dalam hidup sehat ini adalah kebiasaan atau habit. Dengan terbentuknya kebiasaan, maka akan sangat mudah untuk hidup sehat dan sifatnya long lasting. Masalahnya, membentuk kebiasaan, bukanlah perkara mudah. Apalagi, kebiasaan hidup sehat.

Baca juga : IPCIC Jalin Kemitraan Untuk Meningkatkan Penglolaan Sampah Indonesia

"Bagi orang yang melehoy alias hobi mager, ini seperti mimpi buruk. Karena itu, perlu komitmen serta konsistensi untuk membentuk suatu kebiasaan," cetus dr. Decsa. 

3. Start Slow Go Slow

Untuk membentuk kebiasaan, dr. Decsa menganjurkan kita memulainya dengan aktivitas yang ringan, dengan durasi pendek. 

"Misalnya, besok saya jalan kaki 5 menit dulu. Seminggu lagi, saya tingkatkan jadi 10 menit. Nanti, kalau sudah kuat, saya coba lari. Tapi, 5 menit dulu. Setelahnya, baru saya naikkan bertahap," terang dr. Decsa.

Baca juga : PKP Ingatkan Ancaman Disintegrasi Bangsa

Anjuran serupa, juga berlaku untuk diet makan. Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya itu menganjurkan, untuk menguatkan niat mengurangi porsi nasi 20 persen, sebagai langkah awal. Seminggu berselang, kurangi jadi 30 persen, sambil mengganti dengan sayur dan buah.

"Jika sudah bisa melewati dan mencari langkah di atas, selamat datang sehat!" pungkasnya. [HES]

 

kita biasa menyiasatinya dengan melakukan sesuatu yang kecil atau ringan 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.