Dark/Light Mode

Waspada, Covid-19 Bermunculan Lagi Di Rumah Sakit

Yuk, Maskernya Dipake, Jaga Jarak Dan Jangan Lupa Divaksin

Kamis, 21 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19. (Foto: Shutterstock/Kobkit Chamchod).
Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19. (Foto: Shutterstock/Kobkit Chamchod).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid-19 mulai muncul lagi. Banyak pasien positif Covid masuk rumah sakit (RS).

Staf Medis Divisi Penyakit Tropis dan Infeksi Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Adityo Susilo membenarkan pasien positif Covid mulai masuk ke rumah sakit lagi. Kedatangan pasien Covid mulai terdeteksi Oktober ini.

“Oktober ini, saya sendiri, RSCM dan tempat swasta saya berpraktik, sudah mulai berdatangan lagi kasus Covid-19 yang baru,” ungkap Adityo.

Berita Terkait : Alhamdulillah, Tetap Jaga Prokes Dan Jangan Takabur

Dia mengatakan, kewaspadaan menjadi faktor utama dalam menghadapi kasus baru Covid ini. Terlebih, gelombang ketiga diprediksi terjadi akhir tahun, karena pergera­kan manusia dimungkinkan sangat padat.

“Mari selalu memperketat protokol kesehatan (prokes). Waspada, karena penyakit ini masih ada di sekitar kita,” ajak Wakil Sekjen Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengaku, sudah menerima laporan terkait pasien Covid-19 yang kembali dilaporkan di RSCM. “Kami menerima laporan dan tentu kekhawatiran tentang ini,” ucap Wiku.

Berita Terkait : Pemerintah Minta Masyarakat Disiplin Masker Dan Jalankan Vaksinasi

Peningkatan kasus Corona di RSCM atau wilayah Jakarta, disebut Wiku, relatif kecil. Meski begitu, pemerintah memastikan akan terus memantau situasi bila dilaporkan peningkatan tren Covid-19 signifikan.

“Kenapa itu menjadi perhatian fasilitas kesehatan untuk melaporkan ke pemerintah, ya untuk mengerti situasinya. Jadi bisa kami kontrol jika sesuatu terjadi lebih dari biasanya,” jelas Wiku.

Sebelumnya, pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman memprediksi gelombang ketiga Covid-19 Indonesia bakal terjadi di akhir Desember. Menurut dia, kasus harian bisa menembus 30 ribu kasus jika dilakukan tes secara masif.

Berita Terkait : Warga Semarang Patuh Pakai Masker Dan Jaga Jarak, Reisa: Patut Dicontoh!

“Kalau tes sekadarnya, misalnya, paling yang ditemukan seribuan sampai 20 ribuan,” sebut Dicky.

Netizen ramai-ramai mengingatkan pent­ingnya menjaga kewaspadaan dengan tetap disiplin prokes. Supaya, kasus Covid-19 yang terjadi di beberapa RS tidak menyebar semakin luas.

Profesor Zubairi Djoerban dengan akun @ProfesorZubairi, memilih tenang menanggapi adanya kasus baru Covid-19 yang masuk RSCM. Kendati begitu, dia menolak menganggap kecil ancaman Covid-19. “Jangan panik. Kasus baru harian di Indonesia terus turun,” katanya.
 Selanjutnya