Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Olahraga 7 Jam Seminggu Bisa Cegah Kematian Dini

Selasa, 9 November 2021 21:39 WIB
Acara Nutrition Talk. (Foto: Ist)
Acara Nutrition Talk. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Herbalife Nutrition Indonesia menggelar Nutrition Talk yang membahas sejumlah temuan dari hasil survei yang bertajuk Asia Pacific Health Inertia Survey 2021.

Hadir sebagai pembicara pada acara ini anggota Nutrition Advisory Board (NAB) atau Dewan Penasihat Nutrisi yang pertama dari Indonesia, Dr. Rimbawan.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, survei tersebut ditujukan untuk mengkaji dampak pandemi terhadap kesehatan mental dan fisik konsumen di Asia Pasifik selama setahun terakhir. Serta sikap dan perilaku mereka terhadap peningkatan kesejahteraan mereka.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Terbang Di Jawa Bali Bisa Pakai Antigen

Asia Pacific Health Inertia Survey 2021 diselenggarakan pada Juli dan Agustus 2021 di 11 negara Asia Pasifik. Di antaranya Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Survei ini juga diikuti oleh 5.496 konsumen Herbalife Nutrition yang berusia diatas 18 tahun.

Hasil survei tersebut mengungkapkan 63 persen konsumen di Indonesia mengatakan kesehatan fisik mereka saat ini kurang ideal. Dan ketika ditanya tentang kondisi kesehatan mental 60 persen responden juga merasa kurang ideal.

Sementara itu, ketika ditanya tentang rencana mereka untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dan aktif dalam 12 bulan ke depan, sebagian besar konsumen di Indonesia atau 99 persen mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Sementara 90 persen juga berencana untuk lebih sering berolahraga.

Baca juga : Daniella Semaan Selalu Jadi Pusat Perhatian laki-laki

Untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, berikut ada beberapa tips dari Herbalife Nutrition. Pertama melakukan olahraga secara rutin minimal 150 menit dan dua kali latihan penguatan otot selama 1 minggu. Misalnya, 30 menit per hari, lima hari dalam seminggu.

Kedua, mengkonsumsi makanan sehat. Contohnya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang dengan prinsip 40-30-30, yaitu 40 persen dari asupan kalori harian dari karbohidrat, 30 persen dari protein, dan 30 persen dari lemak bermanfaat, bersama dengan jumlah vitamin yang baik, mineral, cairan dan serat.

Ketiga, membangun komunitas. Kegiatan sosial dan dukungan masyarakat sangat penting untuk kesejahteraan kita. Misalnya berolahraga dalam kelompok berkontribusi untuk meningkatkan kinerja kebugaran.

Baca juga : Sinergi Kementan Tanggulangi Kasus Kematian Babi Di Kalbar

Anggota Nutrition Advisory Board (NAB) atau Dewan Penasihat Nutrisi Indonesia, Dr. Rimbawan mengatakan aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila seseorang melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Oleh karena itu, orang yang melakukan aktivitas fisik aktif selama 7 jam dalam 1 minggu mempunyai risiko 40 persen lebih rendah mengalami kematian dini dibandingkan mereka yang melakukan aktivitas fisik kurang dari 30 menit seminggu.

“Banyak sekali penurunan risiko penyakit jika seseorang melakukan sedikitnya 2,5 jam senam aerobik yang sedang secara intensif (moderate-intensity aerobic physical activity) setiap minggu,” tutup Dr Rimbawan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.