Dark/Light Mode

Anggaran RTH Capai Rp 750 Miliar

Pemprov DKI Diminta Gercep Bebasin Lahan

Minggu, 21 November 2021 07:05 WIB
Warga berolahraga di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Pemerintah berencana mewajibkan penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) 30 persen di kawasan Jabodetabek, Puncak, dan Cianjur. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Warga berolahraga di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Pemerintah berencana mewajibkan penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) 30 persen di kawasan Jabodetabek, Puncak, dan Cianjur. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

 Sebelumnya 
Namun, karena terbatasnya anggaran, pembangunan RTH hanya dilakukan di tiga wilayah, yakni Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

“Rencananya ada di semua wilayah, kecuali Pusat. Karena harganya cukup mahal dan kami mengajukan (anggaran) tidak besar. Makanya kami akan survei dulu,” kata Suzy.

Baca juga : Karang Taruna Ciganjur Wakili DKI Di Tingkat Nasional, Purwanto Apresiasi

Menurutnya, dengan anggaran yang dianggap terbatas, maka Pemprov DKI akan melakukan seleksi terhadap lahan masyarakat yang akan dibebaskan Pemprov DKI.

Adapun seleksi yang dilakukan mengacu pada kriteria seperti makam yang harus berada di zonasi A3, lahan taman tidak boleh kurang dari 250 meter, dan lahan hutan harus lebih dari 2.500 meter. Setelah itu, kajian akan dibuat sebelum pembangunan RTH dimulai.

Baca juga : Ngarep Menang Di Liga 2, Persija Kembali Tancap Latihan

“Sebab, yang akan kami beli adalah tanah masyarakat. Kami sortir dulu prioritasnya. Mana yang betul-betul sesuai. Pastinya harus ada akses jalan, dan yang terpenting adalah clear administrasi,” ungkap Suzy.

Geser Ke Puncak

Baca juga : PNM Gelar Pelatihan Capacity Building Kepada Penerima Redistribusi Tanah

Sebelumnya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) berencana memindahkan pemenuhan RTH Jakarta ke daerah Puncak, Bogor, guna mengatasi persoalan banjir di Jakarta, dan memastikan perbaikan lingkungan di wilayah hulu.

Wacana tersebut diutarakan Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil dalam rangkaian peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) 2021. Sofyan mengatakan, itu bagian dari kolaborasi bersama menyelamatkan puncak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.