Dark/Light Mode

Terima Dana Hibah Y20 Rp 2,7 Miliar Dari Anies, PSI DKI Disentil Politisi Gerindra

Minggu, 21 November 2021 09:45 WIB
Anggota Komisi A DPRD DKI Purwanto (Foto: Instagram)
Anggota Komisi A DPRD DKI Purwanto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Purwanto menyindir Partai Solidaritas Indonesia, yang mau menerima dana hibah sebesar Rp 2,7 miliar dari Pemerintah Provinsi DKI untuk kegiatan Forum Internasional Youth 20 (Y20) Summit 2022. 

Padahal, menurut Purwanto, PSI terkenal kritis terhadap berbagai kebijakan yang diambil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dana hibah diberikan Anies kepada PSI, lewat perpanjangan tangan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sang penerima adalah Ketua DPW PSI DKI yang juga Ketua Panitia Y20, Michael Sianipar.

"Persoalannya, panitia Y20 mengajukan permintaan hibah ke DKI sebesar Rp 2,7 miliar. Padahal kita tahu, Michael adalah ketua partai yang selama ini getol mengkritik kebijakan Anies. Nyaris tanpa pujian," kata Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD DKI ini kepada RM.id, Minggu (21/11).

Baca juga : Pemprov DKI Diminta Gercep Bebasin Lahan

Menurutnya, PSI harus lebih kreatif. Jangan manja dengan kerahiman seseorang, yang dianggapnya selalu minus.

"Kan banyak cara untuk mendapatkan sponsor internasional. Alangkah kerennya, jika Michael tidak manja dan berani mencari sponsor. Tidak berharap hibah dari lembaga yang dikomandoi oleh orang yang sering dia kritik," beber Purwanto.

"Silakan publik nilai sendiri," tegasnya.

Dana hibah Rp 2,7 miliar ini belum sepenuhnya disetujui Badan Anggaran DPRD. Keputusan pengesahannya tergantung kemampuan keuangan Pemprov DKI.

Baca juga : Menteri Erick Apresiasi Keberhasilan Blok Rokan

Terima Kasih

Ketua DPW PSI DKI.Michael Sianipar angkat bicara terkait hal ini. Dia menjelaskan, kegiatan Y20 merupakan serangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diketuai Indonesia.

Micahel masuk susunan kepanitiaan  karena yayasannya yang bernama Indonesia Youth Diplomacy (IYD) ditunjuk Pemerintah Pusat menjadi Panitia Y20.

"Yang menugaskan IYD sebagai penyelenggara adalah Kemenpora dan Kemenko Perekonomian selaku Pemerintah Pusat, dan leading sector untuk urusan G20 dan Y20," tandas Michael kepada wartawan, Sabtu (20/11).

Baca juga : Koalisi Jalan Sendiri-sendiri

Michael bilang, Y20 adalah bagian dari acara G20 tahun depan. Lagi pula, Y20 tidak cuma digelar di Ibu Kota.

"Pak Jokowi jadi Ketua G20-nya sebagai tuan rumah. Secara otomatis, rangkaian acara G20, seperti Business 20, Think 20, Women 20, Labor 20, Youth 20, dan lainnya juga dilaksanakan di Indonesia dan tersebar di seluruh provinsi di Nusantara," lanjutnya.

Michael pun mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membantu Y20. DKI Jakarta dan Jawa Barat akan menjadi tuan rumah acara puncak Y20.

"Kami berterima kasih juga kepada seluruh Pemda yang berkomitmen menyukseskan acara-acara G20 dan turunannya, terkhusus kepada Pemprov DKI dan Pemprov Jabar sebagai tuan rumah puncak acara Y20 nanti," pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.