Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mas Menteri Siapkan Dana Hibah Rp2,4 T Buat Pelaku Pariwisata

Jumat, 13 Agustus 2021 09:34 WIB
Sandiaga Uno (Foto: Kemparekraf)
Sandiaga Uno (Foto: Kemparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan telah menyiapkan dana hibah Rp2,4 triliun. Anggaran tersebut ditujukan untuk ketangguhan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terdampak pandemi dan PPKM.

"Rp 300 miliar sudah dulu diarahkan untuk akomodasi tenaga kesehatan karena mereka adalah pahlawan. Pemerintah harus memberikan kebijakan yang berpihak pada masyarakat, mereka sudah lelah 24 jam 7 hari, maka diberikan kebijakan berkeadilan," kata Sandiaga dalam keterangannya.

Hal tersebut diungkapkan Mas Menteri, demikian ia sering disapa,  dalam webinar yang dihadiri Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Wapres Direktur Bank Central Asia Armand Hartono, Dirut MRT Indonesia William P Sabandar dan lainnya, Rabu (11/8).

Dia menambahkan, bantuan lainnya juga akan diberikan ke pengusaha pariwisata dan pelaku usaha lainnya. Langkah ini akan dieksekusi di kuartal ketiga 2021. Kemenparekraf mengharapkan upaya ini membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

Baca juga : Selandia Baru Tutup Pintu Buat Pendatang Dari Indonesia

"Kita harus terus bergotong royong membantu berbagai pihak, terutama pihak kesehatan. Dengan memberikan sumbangan baik vitamin, ketersediaan obat dan oksigen kepada Rumah Sakit dalam situasi yang sulit ini juga bisa dilakukan," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebagai seorang pengusaha, Sandiaga pun membagikan sejumlah tips untuk para pelaku ekonomi untuk bertahan di masa pandemi, yakni inovasi, adaptasi, kolaborasi, perbaikan dam perubahan struktural.

William P Sabandar menambahkan, pihaknya melakukan berbagai trobosan dengan mengubah strategi bisnis MRT di tengah pandemi, dengan membangkitkan sektor lifestyle dan kolaborasi banyak pihak. Sebelumnya, Sandiaga mengungkapkan, penyaluran dana hibah pariwisata pada tahun ini masih tengah diproses oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca juga : Raih Suntikan Dana Rp 1, 124 Triliun, Yellow.ai Kembangkan Automasi

Bantuan itu merupakan hibah dana tunai melalui mekanisme transfer ke daerah yang ditujukan ke pemda dan usaha sektor pariwisata.

"Skemanya mengalami stagnasi dengan Kemenkeu. Per hari ini kami dorong, tapi kami enggak salahkan siapa-siapa. Kemenkeu ingin program ini tepat sasaran tepat manfaat," kata Sandiaga.

Skema hibah lariwisata itu nantinya menjadi menjadi Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP).

Baca juga : Menteri Erick: Kredit Himbara Jadi Penopang Ekonomi

Adapun, basis data usulan BPUP 2021 didapat dari data BPKM terkait perusahaan di sektor pariwisata yang terdaftar di Online Single Submission (OSS) dan berdasarkan data BPS jumlah tenaga kerja. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.