Dark/Light Mode

Lesehan Dengan Buruh

Anies Dapat Berkahnya

Selasa, 30 November 2021 07:40 WIB
Mengenakan seragam Korpri, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan duduk di tengah-tengah buruh yang berunjuk rasa menolak besaran kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), di depan Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/22/2021). (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Mengenakan seragam Korpri, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan duduk di tengah-tengah buruh yang berunjuk rasa menolak besaran kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), di depan Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/22/2021). (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

 Sebelumnya 
“Jadi teman-teman, kami memahami dan kami saat ini sedang bersama-sama memperjuangkan agar UMP di Jakarta naik lebih tinggi, daripada formula yang ada sekarang,” sebutnya.

Apa tanggapan buruh? Said Iqbal sebagai pimpinan buruh mengapresiasi niat baik Anies. Dia menunggu kabar baik dari surat yang dilayangkan Anies ke Ida.

“Kami berkeyakinan, tadi sudah menjanjikan akan ada yang lebih baik, bahasa beliau agar aturan tidak dilanggar, tapi keadilan harus ditegakkan,” ujar Said dalam konferensi pers virtual, kemarin.

Baca juga : Realisasi Penyaluran BPUM Tahap II Capai 100 Persen

Apa yang dilakukan Anies, kata Said, harus juga diikuti para kepala daerah lain. Said beralasan, PP 36/2021 telah bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan Undang-Undang Cipta Kerja inkonstitusional. Sehingga, kalau daerah lain tetap menetapkan nilai upah berdasarkan PP 36/2021, maka buruh akan memilih mogok nasional.

“Mogok nasional tetap kita rencanakan pada 6, 7, 8 Desember bilamana keputusan gubernur soal UMP, UMK, tetap menggunakan PP 36, maka,” ancamnya.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin memuji gaya Anies yang memilih merangkul pihak-pihak yang memprotesnya. Menurutnya, apa yang dilakukan Anies ini jarang dilakukan kepala daerah lain. Wajar kalau kemudian, akibat sikapnya itu, Anies mendapatkan nilai positif dibanding kepala daerah lain.

Baca juga : Wagub DKI Angkat Tangan

“Bukan cuma berkah yang didapat Anies, elektoral ikut naik, kepercayaan masyarakat membumbung, perhatian masyarakat terhadapnya bertambah, bahkan semakin dikenal,” tutur Ujang, kemarin.

Di dunia maya, warganet juga rame-rame memberikan pujian terhadap Anies. “Pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab terhadap rakyat,” tukas @leonidz78. “Laki,” sahut @AbdulWa90208300. “Insya Allah berkah buat Pak #ANIES BASWEDAN,” doa @NetizenBerisik.

Sementara banyak netizen yang membandingkan cara Anies menyikapi demonstran. “Pemimpin yang bijaksana dan arief akan menemui keluhan rakyatnya, bukan malah kabur lihat rel bandara dan lihat bebek bertelur di Kalimantan,” sindir @fucker_on. “Keren ya, nggak ada gugup-gugupnya ngadepin massa. Nggak ngacir. Top,” sambar @Just_KIZ. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.