Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hujan Kerap Disertai Angin Kencang

Warga DKI Siaga I Banjir Dan Longsor

Rabu, 1 Desember 2021 07:00 WIB
Ilustrasi banjir di Pela Mampang, Jakarta. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Ilustrasi banjir di Pela Mampang, Jakarta. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

 Sebelumnya 
Kepala Seksi Pengendalian Banjir Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Ericson Indra Pulungan menjelaskan, polder adalah suatu sistem untuk menampung air yang datang dari hulu dan akan membagi air ke beberapa sungai atau kali. Polder berfungsi untuk mengurangi potensi terjadinya banjir pada suatu wilayah.

“Dalam suatu sistem polder terdapat pompa air untuk mengurangi air dalam polder,” ujarnya, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Digarap KPK, Anggota DPRD Lampung Utara Dicecar Soal Pengaturan Proyek Dan Penerimaan Duit

Menurut Ericson, lingkup pekerjaan pembangunan polder pada masing-masing lokasi berbeda sesuai kebutuhan. Komponen pembangunan polder yakni pembangunan pompa baru, penambahan atau peningkatan kapasitas pompa, pembangunan storage, saringan sampah, pembangunan pintu air, parapet, dan penguatan tanggul.

“Luasan polder juga bervariasi pada setiap lokasi berkisar antara 100 sampai 700 meter persegi. Polder akan dilengkapi dengan infrastruktur pendukung disesuaikan dengan kebutuhan,” terangnya.

Baca juga : Majukan Desa Di Jabar, Kang Emil Janji Tiap Tahun Beri Bantuan Dana Ke BPD

Ericson menerangkan, pembangunan polder dilakukan di sembilan lokasi. Pembiayaan pembangunan memakai skema multi years dengan anggaran sebesar Rp 640 miliar. Beberapa polder ditargetkan beroperasi pada Agustus 2022.

“Pembangunan polder merupakan salah satu upaya penting mengatasi genangan dan banjir di Jakarta, khususnya di daerah-daerah rawan,” imbuhnya.

Baca juga : Anggaran Kursi Roda Buat Warga DKI Masih Kurang

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara, Yusrid Suryanegara menyebutkan, beberapa polder terletak di Muara Angke, Marunda JGC, Ceger, dan Green Garden. “Semuanya sedang dalam proyek pembangunan dan rehabilitasi,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.