Dewan Pers

Dark/Light Mode

Cegah Omicron, Anies Larang Acara Olahraga Dan Budaya

Sabtu, 4 Desember 2021 16:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19, OmicronPemprov DKI Jakarta menangguhkan seluruh kegiatan olahraga dan budaya yang melibatkan orang asing dan melibatkan banyak orang.

"Lebih baik mencegah kebocoran sekecil apapun sejak dini hingga kita semua memastikan Omicron terkendali," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/12).

Berita Terkait : Cegah Omicron, Ini Syarat Perjalanan Udara Internasional Terbaru Kemenhub

Keputusan teraebut merujuk aturan Pemerintah Pusat dengan menjaga ketat perbatasan, kegiatan dari luar negeri, serta membatasi kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. Menurut Anies, kewaspadaan terhadap Covid-19 tidak boleh dikendurkan, terlebih dengan munculnya varian Omicron. 

Karena itu, rangkaian pelaksanaan turnamen Indonesia Youth Championship (IYC) 2021 pada 4-11 Desember, termasuk agenda peluncuran awal atau "soft launching" Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, ditangguhkan.

Berita Terkait : Afrika Minta Jangan Dihukum

"Kami meminta kepada Pancoran Soccer Field untuk menangguhkan seluruh rangkaian pelaksanaan turnamen IYC 2021, sampai situasi pandemi dan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron lebih terkendali," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster,  menyebut, kemunculan varian baru Omicron ini menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat dalam mengantisipasi penyebarannya di Indonesia. Bukan hanya mengantisipasi di Provinsi DKI Jakarta dan Bali.

Berita Terkait : Omicron, Penularan Di Masyarakat Dan Kombinasi Berbagai Mutasi

"Belajar dari pengalaman negara lain yang warganya sudah menjalani vaksinasi lengkap dengan proporsi cukup tinggi dan sudah melandai kasusnya, tiba-tiba melonjak lagi karena lalai dengan varian baru ini. Tentu saja kita harus benar-benar mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi di Indonesia," ujar Wayan Koster.

Ketua Pancoran Soccer Field, Gede Widiade, menjelaskan, keputusan menunda turnamen IYC 2021 Bali-Jakarta, telah dikoordinasikan kepada ketiga klub yang akan bertanding, dan mereka memberikan surat konfirmasi. "Mereka tetap berkomitmen untuk ikut dalam International Youth Championship di tahun depan," tegasnya. [DRS]