Dark/Light Mode

H-4 Jadi Paling Padat, Kendaraan yang Melintas di Cipali Capai 97 Ribu

Minggu, 2 Juni 2019 17:21 WIB
Kondisi di Tol Cipali pada H-4 (Foto: Istimewa)
Kondisi di Tol Cipali pada H-4 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk sementara, H-4 kemarin menjadi hari yang paling padat dalam penggunaan jalan Tol Cipali. Berdasarkan catatan PT Lintas Marga Sedaya (LMS), di H-4 kemarin, kendaraan yang melintas di tol tersebut,  masuk lewat GT Palimanan Cirebon, Jawa Barat, mencapai 97.000.

"Sampai H-4 itu, kendaraan yang melintasi GT Palimanan tertinggi untuk arus mudik yaitu mencapai 97.000," kata Vice President Director PT LMS Firdaus Azis, di Cirebon, Minggu (2/6) seperti dikutip antaranews.com.

Menurutnya, jumlah tersebut lebih tinggi  dibandingkan periode yang sama di 2018. Di 2018, kendaraan yang melewati GT Palimanan tertinggi waktu itu 90.000 unit dalam sehari.

Baca juga : Jaga Harga Pangan Jelang Puasa, Dewan Minta Dilibatkan

Namun, jumlah tersebut, kata Firdaus, belum sesuai dengan prediksi PT LMS yang mencapai 100.000 kendaraan. "Tapi, ini tidak sesuai dengan prediksi kami, yaitu 100 ribu lebih," ujarnya pula.

Secara keseluruhan, kendaraan yang telah melintasi GT Palimanan dari H-10 sampai H-4 totalnya mencapai 448.000. "Jadi, hampir 7,2 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 418 ribu, untuk periode yang sama," katanya lagi.

Pihaknya belum bisa mengatakan puncak arus mudik Lebaran 2019 ini terjadi pada H-4. Sebab, sampai saat ini kendaraan yang melintas di GT Palimanan masih tergolong tinggi.

Baca juga : Jadwal Pertandingan Padat, Persija Tetap Pede

"Kita berharap dalam dua hari ke depan masih tinggi. Kami belum bisa lihat untuk puncak arus mudik, karena pada hari ini saja lalu lintas masih tinggi," katanya pula.

Menurutnya, pelaksanaan satu arah kendaraan yang menuju Jawa Tengah membuat lalu lintas di Tol Cipali semakin lancar. Namun, untuk pelaksanaan satu arah tersebut dilakukan secara kondisional di lapangan.

"Kita melihat pelaksanaan satu arah berjalan cukup efektif dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan," katanya lagi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.