Dark/Light Mode

Kota Bogor Kini Punya Alun-alun

Jumat, 17 Desember 2021 21:03 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya saat meresmikan Alun-alun Kota Bogor, Jumat (17/12). (Foto: Pemkot Bogor)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya saat meresmikan Alun-alun Kota Bogor, Jumat (17/12). (Foto: Pemkot Bogor)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Bogor kini secara resmi memiliki alun-alun. Ruang terbuka di pusat kota yang terintegrasi Stasiun Bogor dan Masjid Agung ini berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan penandatanganan prasasti yang menandai peresmian Alun-alun Kota Bogor, Jumat (17/12).

Peresmian ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-49 Bima Arya. Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil dan Bima Arya juga meresmikan zona olahraga dengan melakukan flag off komunitas runner di jogging track dan fasilitas fitnes.

Baca juga : Satgas BLBI Somasi Kaharudin Ongko Dan Agus Anwar

Dalam sambutannya, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menyampaikan, hadirnya alun-alun itu adalah ciri yang menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang sangat maju. Selain itu, alun-alun adalah ruang keluarga dan tempat semua berkumpul.

“Esensi Alun-alun Kota Bogor adalah ruang keluarga bagi warga Kota Bogor. Selain itu, juga sebagai ruang demokrasi yang mengizinkan siapa pun boleh berkumpul tanpa melihat latar belakang ataupun batasan, sehingga ini mengekspresikan ruang bersama. Di alun-alun, siapa saja bisa dan boleh berbahagia. Berbeda kalau ke mall, kadang-kadang hanya bagi yang punya uang. Itu konsepnya,” kata Kang Emil, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (17/12).

Baca juga : Kutukan Aji Pancasona

Kang Emil juga menceritakan pengalamannya membangun alun-alun saat menjadi Wali Kota Bandung. Banyak warga di Kota Bandung mengucapkan terima kasih karena dapat berhemat dalam membahagiakan anak-anak. “Makin banyak taman atau alun-alun bisa membahagiakan warga dan menghemat ekonomi,” katanya.

Bima Arya menerangkan, peresmian Alun-alun Kota Bogor merupakan hari bersejarah bagi warga dan kota hujan tersebut. Sekaligus juga menandakan bersatunya kembali dua elemen bersejarah yang sudah satu abad lebih terpisah, yaitu Stasiun Bogor dengan Taman Wilhelmina yang kemudian diberi nama Alun-alun Kota Bogor.

Baca juga : PTM Di Kota Bogor Dibuka 4 Oktober, Ini Syaratnya

“Tanpa sentuhan tangan, niat baik, dan kebijakan dari Gubernur Jawa Barat, Alun-alun Kota Bogor tidak akan terwujud. Atas nama warga Kota Bogor, yang selalu merindukan Kota Bogor seperti dulu, yang selalu mendambakan harmoni Kota Bogor terjaga selalu, dari lubuk hati yang paling dalam kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan seluruh dinas yang terkait,” jelasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.