Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

TNI Evakuasi Korban Banjir Samarinda

Selasa, 11 Juni 2019 13:03 WIB
TNI membantu evakuasi korban banjir di Samarinda. (Foto: Indonews.id).
TNI membantu evakuasi korban banjir di Samarinda. (Foto: Indonews.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk membantu evakuasi korban banjir di Samarinda, Yonif 611/Awang Long (Awl) telah menyiagakan 150 personel sekaligus siap menurunkan dua Panser Anoa. Jika saatnya diperlukan membantu personel TNI yang saat ini telah di lokasi banjir.

Disampaikan Komandan Yonif 611/Awl Mayor Inf Arfan Affandi, Selasa (11/6) seperti yang diterima kantor berita Antara,“Hari Minggu kemarin sudah diterjunkan 3 unit kendaraan dinas truk milik Yonif 611/Awl dan satu peleton prajurit yang hingga saat ini masih di lokasi banjir. Jika diperlukan, maka akan ada tambahan 150 personel lagi plus dua Panser Anoa untuk evakuasi.” 

Baca juga : Enes Kanter, Main Basket Sambil Puasa

Ia berharap banjir segera surut karena kasihan kepada ribuan masyarakat yang rumahnya terendam banjir. Namun jika banjir tidak juga surut, kemudian banyak warga yang perlu dievakuasi maupun jalan yang terendam banjir, maka panser tersebut akan diturunkan.

Panser Anoa akan diterjunkan untuk menerobos banjir yang cukup dalam, karena kendaraan taktis ini memang didesain untuk segala medan, termasuk genangan air yang cukup dalam seperti yang terjadi di Samarinda sekarang.

Baca juga : Industri Manufaktur Paling Banyak Tarik Investasi

Kendaraan ini, katanya, mampu mengangkut penumpang dengan jumlah belasan orang, bahkan dengan beban yang cukup berat sekalipun, sehingga jika harus dikerahkan untuk evakuasi banjir, maka kendaraan ini cocok karena memang multifungsi.

Saat ini Yonif 611/Awl telah menyiapkan sebanyak 150 personel yang disiagakan untuk membantu penanggulangan bencana alam di Ibu Kota Provinsi Kaltim yang melanda dalam sepekan ini.“Tambahan pasukan kami dan kendaraan dinas pengangkut penumpang sudah siap. Kami tinggal menurunkan untuk membantu penanggulangan bencana jika memang dibutuhkan,” ucapnya.

Baca juga : Inilah 4 Lokasi Rencana Aksi Demo Hari Ini

Sebelumnya sudah ada satu peleton personel yang diturunkan ke beberapa titik banjir untuk membantu evakuasi, termasuk pendistribusian logistik bersama-sama relawan dan satuan lain. Dua panser ini telah disiagakan di Kompi Senapan A dan Kompi C agar dekat dengan lokasi jika dibutuhkan untuk evakuaasi korban banjir.

“Kemarin juga saya ikut turun membantu. Ada kolaborasi antara TNI dan Polri, termasuk dengan BPBD dan relawan saat di lapangan. Jika banjir semakin tinggi, Kami siap menurunkan Panser Anoa jika memang diperlukan,” pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.