Dark/Light Mode

Mentan Himpun Bantuan Rp 12 M

Pertanian Warga Konawe Utara Dijamin Akan Dibangun Kembali

Jumat, 14 Juni 2019 13:16 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (bertopi putih) saat melepas secara resmi bantuan pangan bagi korban banjir di Konawe, Sulawesi Tenggara, kemarin. (Foto: Humas Kementan)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (bertopi putih) saat melepas secara resmi bantuan pangan bagi korban banjir di Konawe, Sulawesi Tenggara, kemarin. (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjamin akan membangun kembali lahan pertanian dan peternakan warga korban banjir Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kepastian ini disampaikan Amran saat mengunjungi lokasi bencana banjir bandang, untuk memastikan bantuan bagi korban terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran. 

"Kementerian Pertanian (Kementan) dengan mitra telah berhasil menghimpun dana bantuan sebesar Rp 12 miliar. Kemudian yang terpenting di belakang kita ini adalah sawah yang tenggelam ada 600 hektare, totalnya ada 10 ribu hektare. Insyaa Allah 600 hektare ini, khusus sawah, akan kami ganti berikan bibit dan pupuk gratis. Yang 600 ini akan kami bangun lagi dengan bantuan traktor roda dua dan roda empat,” ujar Amran.

Baca juga : Mensos Serahkan Bantuan Lebih Dari Rp 3,727 M Untuk Korban Banjir Konut dan Konflik Buton

Amran berjanji, sebuah tim khusus akan langsung bergerak cepat membangun sawah dan lahan pertanian yang terkena dampak banjir bandang. Tim akan langsung bekerja setelah air surut. 

“Saat air surut kami langsung bergerak membangun sawah dan lahan pertanian. Agar petani langsung kembali mengolah sawah dan lahan pertanian. Kami meminta tim Kementan dan daerah bergerak cepat karena alat mesin, bibit dan pupuk telah tiba di Kendari,” tegas Amran.

Baca juga : Lebaran Berlalu, Harga dan Pasokan Bawang Merah Kembali Normal

Begitu pula dengan ternak yang terkena dampak atau bahkan hanyut terbawa arus banjir. “Sebelum bencana banjir kita sudah bantu ternak yaitu ayam sebanyak 46 ribu ekor ayam dan kambing. Nanti akan kami tambah lagi bantuan ayam dan kambing," tutur Amran.

Meskipun kondisi pertanian di Sulawesi Tenggara sedang terdampak bencana, Amran meminta masyarakat tidak khawatir. Sebab, pangan, air bersih, obat-obatan, listrik dan kebutuhan lainnya sudah tersedia menyusul bantuan yang sudah mulai masuk. 

Baca juga : PT Pertamina Gas Kal Berikan Bantuan Pada Kelompok Tani Rahmat Bersama

Amran datang ke lokasi didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Komandan Korem 143/HO Kendari Kolonel Infantri Yustinus Nono Yulianto. Mereka datang menggunakan helikopter. Helikopter mendarat dan disambut Bupati Konawe Utara Ruksamin, di Kantor Bupati Konawe Utara, Kamis (13/6) siang.

Amran dan rombongan langsung meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di Kecamatan Asera, Desa Wanggudu Raya. Ia juga langsung mendengarkan dengan seksama keluhan warga yang mengungsi di sepanjang jalan poros. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.