Dark/Light Mode

DKI Butuh 1.300 Kantong Darah Per Hari

PMI: Yuk Kita Donor Setelah Buka Puasa

Rabu, 30 Maret 2022 07:30 WIB
Petugas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukkan kantong berisi darah pendonor. Aksi donor darah tersebut digelar untuk membantu kebutuhan darah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. (ANTARA FOTO/Rahmad/wsj).
Petugas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukkan kantong berisi darah pendonor. Aksi donor darah tersebut digelar untuk membantu kebutuhan darah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. (ANTARA FOTO/Rahmad/wsj).

 Sebelumnya 
Rizal menyatakan, pihaknya akan berkolaborasi dengan pimpinan tiga pilar untuk kegiatan-kegiatan donor darah di Jakarta Utara.

“Ini harus terus digalakkan untuk sosial kemanusiaan. Saya harap kerja sama serta dukungan dari pemerintah dan masyarakat dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Ketua Umum Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI), Adang Dorojatun mengajak, masyarakat rutin mendonorkan darah guna membantu memenuhi stok darah.

Baca juga : Ketua Harian APKLI: Kembalinya PKL Tanda Ekonomi Telah Pulih

Menurutnya, minat masyarakat dalam mendonorkan darah sebenarnya sangat tinggi. Sehingga perlu upaya menyalurkan minat tersebut melalui kegiatan donor darah.

“Tinggal bagaimana kemampuan dari PDDI memberikan ekspos kepada media bahwa ada kegiatan donor darah,” katanya.

Adang menegaskan, PDDI berkomitmen membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah.

Baca juga : 1.000 Pelancong Dari Luar Negeri Dikarantina Di Hotel Jakbar

“Kami ingin kesiapan darah itu selalu ada di setiap daerah,” ujarnya.

Mantan Wakil Kepala Kepolisian itu mengungkapkan, PDDI berhasil mengumpulkan sebanyak 12,37 juta kantong darah dari para pendonor pada tahun 2020.

“Upaya pengumpulan kantong darah pada saat pandemi tak berjalan mulus pada saat Covid-19. Karena permintaan darah dari rumah sakit begitu banyak,” tuturnya.

Baca juga : KOI: Merah Putih Harus Segera Berkibar Lagi

Ke depan, pihaknya juga telah menyiapkan rencana memenuhi kebutuhan darah nasional melalui program “road show” donor darah ke pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, maupun keramaian umum. Ada pula kegiatan “Goes to Campus” dan “Goes to School” yang bertujuan untuk mencari pendonor pemula dan sebagai kader pendonor darah.

“Sulit menentukan jumlah yang ditargetkan karena fluktuasi Covid-19 naik turun. Arahan dari saya, kumpulkan darah sebanyak-banyaknya sehingga nanti saat masyarakat perlu darah, tersedia,” tandas Adang.  [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.