Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Dukcapil Meningkat

Warga Girang Urus Adminduk Bebas Pungli

Sabtu, 2 April 2022 16:01 WIB
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin. (Foto: Istimewa)
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) DKI mencatatkan capaian kinerja positif sepanjang 2021. Berdasarkan data dari Unit Pengelola Statistik DKI Jakarta, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) eksternal di Dinas Dukcapil mencapai angka tertinggi dengan nilai 97,87.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin mengatakan, IKM eksternal di triwulan pertama 2021 tercatat 92,04. Kemudian, menjadi 95,44 di triwulan kedua dan meningkat lagi di triwulan ketiga mencapai 95,50.

"Alhamdulillah, kinerja positif ini terus meningkat hingga mencapai 97,87 pada triwulan keempat. Kami menjadi perangkat daerah dengan nilai tertinggi di DKI Jakarta," ujarnya, Sabtu (2/4).

Budi menjelaskan, untuk IKM internal juga terjadi peningkatan dari 94,91 di triwulan pertama 2021 menjadi 95,85 pada triwulan keempat di tahun yang sama.

Baca juga : Ada Yang Girang Ada Yang Meriang

"Pencapaian ini didukung oleh sejumlah perubahan dan inovasi-inovasi dan pembinaan kepada petugas-petugas di loket pelayanan administrasi kependudukan (adminduk)," terangnya.

Menurutnya, sebagai komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Dinas Dukcapil juga memberlakukan sanksi tegas terhadap jajaran jika terbukti melalukan pungutan liar (pungli).

"Untuk Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) kita sanksi pemecatan, demikian juga untuk ASN ada sanksi berat yang diterapkan," ungkapnya.

Tidak kalah penting, sambungnya, seluruh petugas juga terus dimotivasi untuk memberikan pelayanan yang menyenangkan dan membahagiakan bagi masyarakat.

Baca juga : Masyarakat, Komponen Utama Deteksi Dini Virus Radikalisme

"Jika kami sudah mempunyai tujuan yang jelas, maka tentu ini harus menjadi pedoman bagi petugas di loket atau seluruh pelayanan mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi untuk memberikan pelayanan terbaik," bebernya.

Budi menambahkan, untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik, dirinya juga sering melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tempat-tempat atau loket pelayanan dukcapil.

"Sidak ini saya lakukan untuk memastikan layanan sudah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP)," ucapnya.

Ia menuturkan, upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat juga dilakukan dengan mengoptimalkan layanan jemput bola.

Baca juga : Ratusan Masyarakat Mengikuti Vaksinasi Booster di Universitas Esa Unggul

"Layanan jemput bola kita hadirkan di tengah-tengah permukiman melalui program KAMSA yang merupakan akronim dari Kampung Sadar Adminduk. Ada juga layanan jemput bola ke sekolah-sekolah untuk pelajar yang memasuki 17 tahun," ucapnya.

Budi menegaskan, berbagai inovasi dan kemudahan terhadap akses layanan dukcapil bertujuan memberikan pelayanan yang menyenangkan dan membahagiakan bagi masyarakat

"Saya kira ini juga menjadi poin penting dan menjadi penilaian kepuasan masyarakat karena mereka mereka betul-betul merasa terbantu dan dimudahkan," tandasnya. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.