Dark/Light Mode

Program Mudik Gratis Kurangi Beban Ekonomi

Warga Ibu Kota Girang Bisa Ngirit Pengeluaran

Rabu, 13 April 2022 07:30 WIB
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Foto: Kemenhub).
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Foto: Kemenhub).

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Ibu Kota menyambut gembira program Mudik Gratis yang akan diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebab, layanan tersebut membantu mengurangi beban ekonomi.

Pemprov DKI dan Kemenhub menyiapkan ratusan bus untuk pemudik dan puluhan truk pengangkut sepeda motor pada Idul Fitri 1443 Hijriah. Untuk warga yang berminat bisa mendaftar secara online melalui situs www.jakarta.go.id dan www.mudikhubdat2022.com.

Edi, warga Mampang, Jakarta Selatan, gembira tahun ini Pemerintah membolehkan mudik. Dengan begitu, ia bisa bertemu sanak saudara dan kerabat di kampung. Apalagi, Pemprov DKI menyiapkan bus mudik gratis.

Baca juga : Imbas Perang Ukraina, Pemerintah Batasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi

“Wah senang banget. Bisa ngirit pengeluaran,” kata pria 39 tahun yang tinggal mengontrak itu.

Menurutnya, mudik gratis sangat membantu. Sebab, ongkos bus selalu naik setiap momen mudik. Bakan, naiknya bisa dua kali lipat. Kenaikan ini tentu sangat berat bagi karyawan yang bergaji Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Program mudik gratis jelas menolong banget, bisa memangkas pengeluaran hampir Rp 1 jutaan,” ujar pria asal Jember, Jawa Timur tersebut.

Baca juga : Kembangkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, TAPG Bangun Kewirausahaan Perempuan

Edi berharap, pendaftaran mudik gratis ini tidak dipersulit. Karena, ada kabar sebagian slot mudik gratis kerap diambil orang dalam. “Sementara warga seperti saya ini yang nggak punya kenalan, ya untung-untungan aja bisa dapat kursi,” cetusnya.

Dia juga berharap server website untuk pendaftaran online dimaksimalkan.

“Jangan sampai down ketika daftar. Harus dipersiapkan dari sebelumnya,” sarannya.

Baca juga : Warga Ibu Kota Serbu Sentra Vaksin Booster

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov menyediakan 492 bus angkutan Lebaran. Rinciannya, 292 bus untuk mudik dan 200 bus untuk arus balik. Tak hanya bus, Pemprov Jakarta juga menyediakan 31 truk.

“Kami siapkan truk untuk mengangkut roda dua pemudik. Sebanyak 22 truk untuk arus mudik dan 9 truk untuk arus balik,” terang Syafrin di Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.