Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terjunkan Tim Reaksi Cepat

DKI Petakan Potensi Bencana Di Setiap Kelurahan

Rabu, 13 April 2022 20:53 WIB
Tim Reaksi Cepat (TRC) Kelurahan Pemprov DKI Jakarta. (Foto: BPBD DKI Jakarta)
Tim Reaksi Cepat (TRC) Kelurahan Pemprov DKI Jakarta. (Foto: BPBD DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menugaskan Tim Reaksi Cepat (TRC) pada setiap Kelurahan di Jakarta untuk memetakan potensi bencana yang ada di wilayahnya masing-masing. Hal ini sejalan dengan tupoksi BPBD yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 260 Tahun 2016.

“TRC mendalami profil kelurahan dan menginventarisir setiap potensi bencana yang ada, seperti kebakaran, banjir, tanah longsor, dan sebagainya," terang Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji pada Selasa (13/4).

Baca juga : Pakar Ekonomi Pertanian Unnes Sebut Alsintan Bantu Petani Indonesia Naik Kelas

Isnawa menambahkan, TRC juga ditugaskan untuk mendata sarana, prasarana dan segala aspek pendukung yang dibutuhkan ketika terjadi bencana.

“TRC akan meninjau kembali lokasi-lokasi pengungsian yang sudah ditetapkan, untuk memastikan segala unsur pendukung siap dan layak ketika terjadi bencana, khususnya dalam aspek kesehatan, kedaruratan, dan logistik,” ujar Isnawa.

Baca juga : DKI Targetkan Setiap Kelurahan Punya Pos Damkar

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan segala unsur yang ada di tingkat kelurahan dalam merespons segala potensi bencana, sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko bencana di masyarakat. “Keselamatan warga merupakan yang terpenting bagi kami dalam menjalankan tugas” tegas Isnawa.

Dengan penugasan ini, diharapkan pasukan TRC semakin dekat dan lebih dikenal oleh masyarakat, seperti RT/RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan tokoh-tokoh masyarakat dalam rangka sinergi untuk membangun budaya sadar bencana. “Sinergitas ini sangat penting, sembari TRC mensosialisasikan layanan aduan kedaruratan Jakarta Siaga 112 kepada masyarakat” terang Isnawa.

Baca juga : Menkominfo Bahas Potensi Kerja Sama Sektor TIK

Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, masyarakat dapat segera menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.