Dark/Light Mode

Dukung Layanan Kesehatan Pemudik Dan Pengemudi

Dinkes DKI Siagakan Posko Kesehatan Di Terminal Dan Stasiun

Rabu, 27 April 2022 20:02 WIB
Petugas melayani pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan. (Foto: Humas DKI)
Petugas melayani pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan. (Foto: Humas DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiagakan Pos Kesehatan Mudik di tujuh terminal dan tiga stasiun selama masa angkutan Lebaran tahun 2022.

Tujuh terminal yang menyediakan pos ini terdiri dari Terminal Kalideres, Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok, Terminal Muara Angke, Terminal Grogol dan Terminal Lebak Bulus.

Sedangkan tiga stasiun yang telah didirikan Pos Kesehatan Mudik tersebar di Stasiun Gambir, Stasiun Senen dan Stasiun Tanah Abang.

Baca juga : Integrasikan Layanan Kesehatan, Kemenkes Luncurkan Indonesia Health Services

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Krisis Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, Sulung mengatakan, Pos Kesehatan Mudik ini disiagakan untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi para penumpang dan pengemudi.

Pos tersebut juga disiagakan sebagai tempat vaksinasi dosis ketiga (booster) dan layanan swab antigen yang bisa dinikmati secara gratis.

“Pelayanan dimulai dari 25 April sampai 10 Mei 2022. Pelayanan tim di terminal dibagi dua hingga tiga shift," ujarnya, Rabu (27/4).

Baca juga : Turun Ke Lapangan, Kementan Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Di Kalbar Stabil

Sulung menjelaskan, di setiap pos kesehatan ini, pihaknya menyiagakan delapan hingga 12 personel yang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan petugas adminitrasi. Pihaknya juga menyediakan menyediakan obat-obatan dan vitamin serta mobil ambulans untuk menangani hal-hal yang bersifat darurat.

Dinkes DKI Jakarta juga mengimbau calon penumpang untuk memastikan kondisi tubuh mereka dalam keadaan sehat sebelum melakukan perjalanan mudik. Calon penumpang yang merasa dalam kondisi kurang sehat diimbau agar tidak memaksakan mudik atau menunda perjalanan terlebih dahulu.

“Calon penumpang bisa memanfaatkan posko kesehatan untuk memeriksa kesehatan atau sekadar beristirahat melepas lelah,” kata Sulung.

Baca juga : Kemenkes Siagakan 340 Pos Kesehatan Di Jalur Mudik

Sulung menambahkan, di pos kesehatan ini, para pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga diwajibkan untuk memeriksakan kesehatan sebelum mengantar penumpang.

“Pengemudi yang mengalami masalah kesehatan akan diganti dengan pengemudi cadangan,” tandas Sulung. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.