Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kolaborasi Jakarta-Berlin

Jakarta Future City Hub Kembangkan Ekosistem Kewirausahaan Digital

Jumat, 29 April 2022 11:52 WIB
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan site visit di Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower (JB Tower), Jakarta Pusat pada Kamis (28/4).
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan site visit di Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower (JB Tower), Jakarta Pusat pada Kamis (28/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Berlin dalam proyek Smart Change yang didanai oleh Uni Eropa.

Kamis (28/4),  Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan site visit di Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower (JB Tower), Jakarta Pusat pada Kamis (28/4). Bersama dengan Duta Besar Jerman, Ina Lepel, Gubernur Anies meninjau lokasi yang akan menjadi titik temu kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha di dunia digital.

Jakarta Future City Hub menyediakan one-stop-shop untuk startup, founders, dan inovator dalam konsep co-working, networking, dan ruang kegiatan serta lokakarya. 

Dalam sambutannya, Gubernur Anies menyampaikan, ini merupakan tempat bagi para wirausahawan, pelaku usaha startup dan kegiatan digital untuk bisa bekerja bersama.

"Ini merupakan satu tempat di mana siapa saja bisa datang untuk saling bertemu, sehingga ada interaksi, saling belajar, berbagi pengalaman, tukar pikiran, dan kerja bersama. Sebuah fasilitas untuk membuat ekosistem digital di Jakarta bisa tumbuh lebih pesat lagi," terang Gubernur Anies.

Lebih lanjut, Gubernur Anies menjelaskan kekuatan dari pembangunan bidang digital ini adalah kolaborasi. Sehingga Jakarta Future City Hub akan memposisikan dirinya sebagai ruang kolaborasi untuk menghadapi tantangan perkotaan, serta pusat pengembangan ekosistem kewirausahaan di Jakarta, mendorong inovasi, ketahanan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan memberdayakan wirausahawan dan memungkinkan kolaborasi lintas sektoral.

Baca juga : Kominfo Kolaborasi Setarakan Gender Lewat Kewirausahaan Digital

"Perhatikan saja sekarang semua tumbuh dalam bentuk kolaborasi. Tempat ini dipakai supaya kolaborasi, khususnya di area digital bisa berjalan dengan baik. Insya Allah September nanti bisa digunakan," lanjut Gubernur Anies.

Perlu diketahui, sejak 2019, Pemprov DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City dengan Pemerintah Berlin berkolaborasi melalui proyek Smart Change yang didanai Uni Eropa. Sebagai salah satu tonggak dari proyek Smart Change, Jakarta Future City Hub sedang dibangun untuk memberdayakan ekosistem kewirausahaan di Jakarta.

“Pemerintah Jerman sangat mendukung inisiatif ini. Kemitraan sister city antara Jakarta dan Berlin hidup dan aktif, dan hub ini akan berperan agar kemitraan ini tetap seperti itu di masa depan. Pengembangan perkotaan dan pengembangan lebih lanjut dari ekosistem Startup adalah dua kepentingan utama yang sama-sama dimiliki kedua kota,” ujar Ina Lepel, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor-Leste.

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania berharap kerja sama Jakarta-Berlin akan berkontribusi untuk memastikan bahwa warga Jakarta memiliki akses ekonomi dan teknologi yang dapat membantu meningkatkan kehidupan mereka.

“Ini khusus dikembangkan untuk seluruh jenis inovasi, jadi nanti akan ada tema-temanya. Tapi prinsipnya ini adalah tempat kumpul yang kemudian kita fasilitasi. Harapannya, masyarakat juga dapat menikmati dan memanfaatkan fasilitas ini sebagai salah satu pilar produktivitas masyarakat Jakarta terutama di aspek digital," terang Atika.

Terdapat 2 (dua) layanan utama di Jakarta Future City Hub, yaitu:

Baca juga : President University Siapkan Pengembangan Sistem Kesehatan Akademik

- Entrepreneur Support Program bertujuan untuk menjawab kebutuhan nonfisik para entrepreneur, yaitu mentorship dan networking; dan

- Entrepreneur Space merupakan ruang para entrepreneur untuk bekerja, mengembangkan, dan menciptakan produk mereka, di antaranya Smart City Prototyping Center, Mini Studio, Knowledge Center, Berlin-Jakarta Cooperation Lab Space, dan area pendukung lainnya.

Selain itu, lebih dari sekadar ruang kerja bersama, Jakarta Future City Hub memiliki ruang-ruang komunal yang mendukung kelestarian ekosistem bisnis Jakarta. Di antaranya:

- Communal Area untuk melakukan sharing session, pembelajaran peer-to-peer, area hiburan.

- Main Event Area untuk menyelenggarakan workshop, pertemuan, seminar, talk show, FGD, accelerator program.

- Working Space bagi para startup untuk bekerja

Baca juga : PLN Dan Grab Kolaborasi Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik

- Prototyping Corner atau ruang prototipe, konsultasi produk dan ide, workshop produk.

- Mini Studio atau ruang produksi dan konsultasi terkait konten digital.

- Mini Expo/Showcase Wall yang berupa sudut pameran produk dan layanan yang lahir di hub ini. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.