Dark/Light Mode

Atap Tribun Ajang Formula E Ambruk

DPRD: Ingat, Ini Alarm Buat Kerek Keamanan Penonton

Selasa, 31 Mei 2022 07:30 WIB
Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu (29/5/2022). Atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh pada Jumat (27/5) malam akibat diterjang angin kencang itu mulai diperbaiki. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz).
Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu (29/5/2022). Atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh pada Jumat (27/5) malam akibat diterjang angin kencang itu mulai diperbaiki. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz).

 Sebelumnya 
“Yang roboh satu grandstand saja. Salah satu tribun sisi timur. Itu kena badai tadi malam,” kata Sahroni.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pademangan Kompol Happy Saputra menjelaskan, atap tribun itu ambruk akibat diterjang angin kencang dan hujan. Polisi menduga robohnya atap tiang tribun karena ada masalah konstruksi.

“Kerusakan diakibatkan tiang penyangga kurang kuat. Itu (keterangan) dari koordinator penanganan sirkuit, ya,” kata Happy.

Baca juga : DPR: Negara Lain Juga Pakai Aplikasi Serupa PeduliLindungi

Pihaknya, kata Happy, akan menemui kontraktor yang bertanggung jawab atas pembangunan atap tribun tersebut.

“Kami rencananya akan ngobrol lagi (dengan kontraktor) untuk menekankan agar jangan sampai pada hari H terjadi lagi,” tegasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti ambruknya atap tribun Sirkuit Formula E. Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pihak panitia Formula E kini sedang memperbaiki tiang atap tribun yang roboh tersebut.

Baca juga : LIB Pastikan Penutupan Liga 1 Digelar Di Bali Tanpa Penonton

“Panitia harus memperhatikan aspek keselamatan. Apalagi, pelaksanaan Formula E akan digelar sebentar lagi,” pesannya.

Sirkuit Permanen

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto memastikan terus melakukan persiapan sirkuit Formula E. Apalagi, tim Formula E Operation (FEO) akan melakukan peninjauan akhir.

Baca juga : Rachmat Gobel Ajak Jepang Berinvestasi Di IKN, Ini 3 Alasan Pentingnya

“Tim FEO akan ke Jakarta, mereka akan melakukan homologasi,” kata Widi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/5).

Widi mengatakan, penyelenggaraan Formula E menelan biaya besar. Karena, kegiatan itu digelar di sirkuit. Menurut Widi, JIEC Ancol berbeda dengan sirkuit Formula E di negara lain. Sebab, di negara lain, balap mobil listrik Formula E digelar di jalan perkotaan atau sirkuit balap biasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.