Dark/Light Mode

Besok, Duel Persija Vs Persib di Stadion GBK

Anies Minta The Jak Tunjukkan Kelas Sebagai Suporter Teladan

Selasa, 9 Juli 2019 22:07 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), saat menyambut kesuksesan Persija sebagai Juara Liga 1 Indonesia, 15 Desember 2018. (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), saat menyambut kesuksesan Persija sebagai Juara Liga 1 Indonesia, 15 Desember 2018. (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau seluruh pendukung Persija Jakarta alias The Jak, agar dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam pertandingan Liga I 2019 melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (10/7) besok.

Jangan ada kerusuhan. Jangan ada bentrokan antar pendukung dan sejenisnya. The Jak, kata Anies, harus bisa menunjukkan kelasnya sebagai suporter teladan yang mampu memotivasi para pemain agar bertanding lebih hebat. 

"Saya mengajak seluruh warga, The Jak, mari kita tunjukkan bahwa kita bisa menjadi suporter yang baik. Suporter teladan, suporter yang kedatangannya menggelorakan semangat pemain. Membuat mereka bekerja lebih keras. Membuat mereka bertanding lebih hebat. Mereka, Insya Allah dengan dorongan The Jak, akan bisa memenangkan pertandingan. Sambil kita tunjukkan bahwa The Jak cinta damai. Kedatangannya, kehadirannya membuat suasana teduh. Bersemangat tapi teduh. Menggerakkan tapi membuat tenang," ujar Anies melalui akun Twitternya, @aniesbaswedan, Selasa (9/7) malam.

Baca juga : BKS Minta Masyarakat Terbangkan Balon Udara Sesuai Aturan

"Ini yang sama-sama ingin kita tunjukkan dan buktikan kepada dunia, bahwa The Jak bisa menjadi tuan rumah yang baik. Kita tunjukkan kepada semua, bahwa pertandingan bisa dimenangkan dengan bersih. Penonton datang dengan perasaan semangat, pulang dengan senang. Kesebelasan kita, Persija, Insya Allah akan bisa memenangkan pertandingan ini. Sekali lagi, mari kita tunjukkan kepada semua, Jakarta aman, tertib, damai sebagai tuan rumah pada saat Persija bertanding di kandang sendiri," imbuhnya.  

Seperti diketahui, sengitnya duel Persija versus Persib kerap berujung insiden atau bentrokan. Dalam pertemuan terakhir kedua klub pada 23 September 2018, suporter Persija yang bernama Haringga Sirla tewas dikeroyok sejumlah oknum suporter di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengeluarkan surat imbauan terhadap bobotoh Persib agar tidak datang ke Jakarta, demi alasan keamanan. Surat yang ditujukan untuk Persib itu  dituangkan ke dalam surat bernomor 216/LIB/VII/2019 tanggal 5 Juli 2019. 

Baca juga : Hasto: Tunjukkan Kekuatan Keberagaman

"Bersama ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan, berdasarkan hasil koordinasi Persija Jakarta dengan pihak kepolisian, bersama dengan ini LIB menyampaikan imbauan larangan kepada suporter Persib Bandung pada pertandingan Liga 1 2019 antara Persija vs Persib tanggal 10 Juli 2019, pukul 15.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta," demikian bunyi surat yang ditandatangani langsung oleh Direktur LIB, Dirk Soplanit.

Imbauan agar bobotoh tak datang ke Jakarta saat pertandingan Persija versus Persib, juga datang dari Polda Jawa Barat dalam surat bernomor bernomor B/4128/VII/PAM.3.3/2019, tentang Permohonan Bantuan Koordinasi agar Suporter Persib Tidak Datang ke Jakarta, tertanggal 8 Juli 2109.

Terkait hal ini, Ketua Bidang Pengamanan Panpel Persija Dicky Milano memastikan pihaknya telah menyiagakan 12 ribu lebih personel untuk mengamankan jalannya pertandingan big match tersebut. "Dari pihak panpel, kami sudah menyiapkan 12.400 personel keamanan untuk pertandingan ini," ujarnya di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Senin (8/7).

Baca juga : Jak Mania Raih Pujian

Selain itu, Dicky juga menjelaskan pihaknya telah merancang sistem pengamanan di pintu masuk. Ia juga menerangkan pemetaan lokasi untuk parkir kendaraan.

"Sebagaimana yang sudah ditambahkan, karena pemeriksaan tiket ada di Ring 4, maka ada empat pintu yang diaktifkan, yaitu Pintu 10, 11, 5, dan 7. Bisa masuk roda dua dan empat. Khusus bis, ada di Pintu 10 yaitu Parkir Timur. Motor ada di Hall Basket dan mobil parkir di gedung," terang Dicky.

Pintu 10 berlokasi di seberang TVRI dan Pintu 11 berada di Hall Basket. Sedangkan, Pintu 5 ada di depan FX Sudirman dan Pintu 7 bertempat di sebelah Hotel Sultan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.