Dark/Light Mode

Proyek Fase 3 Dan Fase 4 Sedot Rp 200 Triliun

Perusahaan Inggris, Perancis Dan Lembaga Pembiayaan Asing Lirik Proyek MRT Jakarta

Kamis, 30 Juni 2022 20:28 WIB
Pekerja tengah mengerjakan proyek MRT Fase 2A Bundaran HI-Thamrin. (Foto: Istimewa)
Pekerja tengah mengerjakan proyek MRT Fase 2A Bundaran HI-Thamrin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT MRT Jakarta mendorong pendanaan proyek MRT Fase 3 (Timur-Barat) dan Fase 4 (Fatmawati-TMII) senilai Rp 200 triliun dari pihak swasta dan lembaga pembiayaan asing. 

Direktur Utama MRT William Sabandar mengatakan, pendanaan jalur Timur-Barat diupayakan tidak harus ke Pemerintah saja. William menghitung, porsi pendanaan itu 60 persen Pemerintah dan 40 persen swasta.

Nantinya MRT ini bakal tersambung ke Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, hingga ke Jawa Barat dan Banten.

Baca juga : Bahlil: Investor Nyaman Dan Makin Lirik Luar Jawa

Pembiayaan MRT fase dua, dari Harmoni hingga ke Ancol, didapat dari perusahaan Jepang, JICA. Saat ini, total komitmen sementara yang sudah dikantongi yakni Rp 22,5 triliun.

"Komitmen yang sudah jelas pertama itu adalah Jepang, mereka sudah ngasih Rp 22,5 triliun. Kemudian kalau pemenuhannya sudah commited, katakanlah kalau tambah Rp 10 triliun lagi, itu akan dipenuhi Jepang," tuturnya.

Kendati demikian pada pembangunan Fase 4, perkiraan anggaran adalah Rp 22 triliun sampai Rp 30 triliun. Ini merupakan proyek MRT untuk rute ke TMII.

Baca juga : Sempat Dicekal, Perkara Mantan Pejabat PUPR Masih Kurang Bukti

Ia juga mengatakan terdapat sejumlah pihak yang sudah menyatakan komitmen untuk membantu pendanaan proyek MRT, selain JICA.

Pertama, Europe Investment Bank atau EIB disebut sudah menyatakan komitmennya dan siap mendanai proyek MRT Fase 3 dan 4 serta kawasan urban regeneration. William menyebut EIB berpotensi untuk memberikan komitmen pendanaan sebesar 50 persen dari total nilai proyek.

Kedua, Asian Development Bank atau ADB yang sudah lama berminat untuk masuk ke proyek MRT East-West. Ketiga, Inggris melalui UK Export Finance yang tertarik untuk membantu 1,25 miliar poundsterling.

Baca juga : Proyek Jalan Terus, Ini Progres Pengembangan Kilang Balikpapan

Dan yang keempat Korea Selatan juga berminat memberikan pembiayaan untuk MRT. Negeri gingseng berniat masuk ke MRT fase 4 yang menghubungkan Fatmawati hingga TMII.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.