Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemkot Jakpus Gencar Kampanye Makan Ikan

Otak Anak Encer, Fisik Sehat Dan Tulang Kuat

Selasa, 19 Juli 2022 07:30 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma. (Foto: Humas Pemkot Jakarta Pusat).
Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma. (Foto: Humas Pemkot Jakarta Pusat).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) akan menggelar Safari Kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Langkah ini diyakini dapat membantu menurunkan kasus stunting (gizi buruk).

Pemkot Jakpus berhasil menurunkan angka stunting dari 7 persen pada 2021 menjadi 3 persen pada tahun ini. Pemkot mematok angka itu bisa turun lebih kecil lagi.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan, Gemarikan akan digelar secara rutin secara bergantian di setiap kecamatan di Jakpus dengan sasaran peserta siswa Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini diinisiasi Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakpus. Tujuannya mendorong anak-anak agar gemar mengkonsumsi makan ikan.

Baca juga : Kalahkan Rekan Senegara, Ana/Tiwi Siap Lawan Thailand

“Kami sedang berusaha mengatasi persoalan stunting. Salah satu upayanya mendorong siswa mengkonsumsi makanan bergizi. Ikan memiliki banyak manfaat. Dengan mengonsumsi ikan, badan lebih sehat, lebih kuat, dan cerdas,” ujarnya.

Dia menekankan peran penting orangtua menyukseskan kampanye ini. Orangtua harus bisa mengolah ikan dengan baik agar anak-anak semakin menyukai makan ikan.

“Ikan bisa diolah menjadi bakso ikan, ebi furai, nugget, siomay, dan lain-lain,” kata Dhany.

Baca juga : Kao-Kemenparekraf Kolaborasi Wujudkan Desa Wisata Bersih, Sehat, Aman & Lestari

Kepala Sudin KPKP Jakpus Penty Yunesi Pudyastuti menuturkan, di setiap Kampanye Gemarikan, siswa-siswi peserta diberikan paket olahan perikanan. Dalam kegiatan ini pihaknya berkolaborasi dengan Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2.

“Usia Sekolah Dasar adalah masa untuk mengembangkan kecerdasan, kekuatan tulang, dan mencegah stunting. Kampanye ini untuk membudayakan makan ikan pada anak-anak,” katanya.

Kegiatan kampanye dilakukan dengan mendongeng agar pesan yang disampaikan dapat diserap anak-anak. Diharapkannya, kampanye ini dapat menumbuhkan kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal.

Baca juga : Ken Setiawan: Maraknya Kampanye Khilafah Karena Regulasi Kurang Tajam

Kepala Sekolah SDN Cideng 09, Dadi Supriyadi mengaku, senang dengan kegiatan ini. Karena mengajarkan para siswa untuk gemar makan ikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.