Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penonton Berjubel, Grand Launching JIS Meriah

Tragedi Tribun Roboh Kudu Segera Diaudit

Selasa, 26 Juli 2022 07:30 WIB
Pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) Ambruk saat Grand Launching, Minggu (24/7). Satu orang terluka ringan dan sudah ditangani petugas medis. (Foto: Istimewa).
Pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) Ambruk saat Grand Launching, Minggu (24/7). Satu orang terluka ringan dan sudah ditangani petugas medis. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Grand launching Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (24/7), berlangsung meriah. Namun ditengah kemeriahan itu, terjadi insiden: pagar pembatas tribun utara, ambruk gara-gara tingginya eforia penonton.

Ribuan pendukung tim sepak bola Persija, Jakmania sudah memenuhi stadion sejak sore hari. Sebelum masuk ke Kawasan JIS, suporter menggunakan sepeda motor berangkat bersama dari Jalan Danau Sunter Barat, Sunter Agung, Tanjung Priok. Mereka mendendangkan yel-yel sambil menenteng bendera Persija.

Banyaknya penonton datang bersamaan membuat petugas JIS kewalahan. Misalnya, di gerbang selasar zona barat JIS. Sejumlah petugas gabungan tampak tak optimal mengecek tiket penonton.

Baca juga : Grand Launching JIS Bakal Meriah, Ada Laga Persija, Ada Dewa 19

“Angkat gelang (tiket),” teriak petugas yang berjaga di sisi kanan dan kiri gerbang.

Kondisi tersebut rawan dimanfaatkan penonton yang belum vaksinasi booster dan tak memiliki tiket untuk masuk.

Grand launching ini secara umum berjalan lancar. Ribuan suporter dan warga Ibu Kota menikmati acara. Mereka ikut bergoyang dan berdendang mengikuti lagu yang dibawakan band-band top seperti Kotak, Dewa 19 feat Virzha, dan Setia Band.

Baca juga : Resmikan Kantor Baru, Ajaib Group Dukung Pemerintah Terus Pacu Perkembangan Digital

Sayangnya, euforia pengunjung tak terkontrol saat Virzha membawakan lagu Dewa 19 berjudul Kangen. Penonton yang bejubel ingin nonton paling depan menyebabkan pagar pembatas tribun utara ambruk. Insiden ini membuat seorang The Jakmania- sebutan untuk suporter Persija, terjatuh.

Tembok dan pagar besi berwarna putih itu roboh lantaran diduduki banyak penonton. Padahal, pembatas itu tidak boleh dinaiki penonton.

Kejadian ini pun menjadi perhatian Choky Sitohang dan Astrid Tiar yang menjadi host grand launching JIS.

Baca juga : Penyidikan Rampung, Andi Merya Nur Segera Disidang

“Mohon kepada teman-teman semua, dijaga ya stadion kita yang sudah bagus ini. Jangan duduk di pagar,” kata Choky. “Iya, dimohon tertib ya. Masa baru mau di-launching sudah rusak,” timpal Astrid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.