Dark/Light Mode

Penonton Berjubel, Grand Launching JIS Meriah

Tragedi Tribun Roboh Kudu Segera Diaudit

Selasa, 26 Juli 2022 07:30 WIB
Pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) Ambruk saat Grand Launching, Minggu (24/7). Satu orang terluka ringan dan sudah ditangani petugas medis. (Foto: Istimewa).
Pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) Ambruk saat Grand Launching, Minggu (24/7). Satu orang terluka ringan dan sudah ditangani petugas medis. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengecek semua sarana dan prasarana JIS. Hal tersebut harus dilakukan untuk memastikan kejadian seperti itu tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Anies bangga pembangunan JIS selesai. Sebab, stadion berkelas internasional ini 100 persen dibangun oleh anak bangsa.

“Setelah sekian tahun menunggu, akhirnya hari ini mimpi itu terwujud. Inilah stadion kita,” katanya.

Baca juga : Grand Launching JIS Bakal Meriah, Ada Laga Persija, Ada Dewa 19

Anies menyebut, modal utama pembangunan JIS ini adalah dukungan dari The Jakmania. Lima tahun lalu, dirinya berjanji akan menghadirkan stadion berkelas dunia untuk Persija. Dan, berkat dukungan serta kepercayaan The Jakmania, JIS akhirnya terwujud.

“Hari ini saya serahkan Jakarta International Stadium kepada The Jak, kepada warga Jakarta, kepada masyarakat Indonesia. Jaga stadion ini baik-baik,” pesannya.

Anies mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berperan dalam pembangunan JIS.

Baca juga : Resmikan Kantor Baru, Ajaib Group Dukung Pemerintah Terus Pacu Perkembangan Digital

“Juga kepada Pemerintah Pusat, terutama Pak Presiden Jokowi, yang telah memungkinkan pembangunan stadion ini berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Ketua Umum The Jakmania Dicky Sumarno mengatakan, kejadian robohnya pagar ini harus menjadi pelajaran buat Jakpro. “Karakter penonton bola berbeda dengan masyarakat umum. Kami (supporter) bisa 100 kali lipat energinya buat nonton. Saya harap ini jadi pembelajaran yang bagus,” kata dia di tempat yang sama.

Dicky bersyukur kejadian ini bukan saat liga 1 berlangsung. “Untung pas grand launching, bukan pas liga mulai, kalau nggak, Persija kena denda,” ujarnya.

Baca juga : Penyidikan Rampung, Andi Merya Nur Segera Disidang

Selain itu, Dicky menyoroti belum ada steger di tribun. Menurutnya, fasilitas itu dibutuhkan koordinator suporter untuk mengarahkan dan mengatur anggotanya. “Ini menjadi evaluasi kita bersama ke depannya,” tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.