Dark/Light Mode

Tempat Baru Kudu Dekat Stasiun KA

Kota Tua Lokasi Ideal Citayam Fashion Week

Rabu, 27 Juli 2022 07:30 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: ANTARA).
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelataran Museum Bank Mandiri, di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, dinilai sebagai tempat baru yang ideal untuk Citayam Fashion Week (CFW). Sebab, lokasi itu dekat dengan stasiun kereta api, moda transportasi andalan anak-anak SCBD (Sudirman, Ciyatam, Bojong Gede, dan Depok).

Pengamat Tata Kota Universitas Diponegoro (UNDIP), Fadjar Hari Mardiansyah menilai, CFW merupakan gagasan generasi milenial yang ingin unjuk diri.

Fenomena ini bukan hal baru di Tanah Air. Generasi muda era tahun 80 hingga 90 juga melakukan unjuk diri melalui ajang bernama Lintas Melawai. Bedanya, CFW lebih merakyat dibandingkan Lintas Melawai.

Baca juga : Polda Metro Sarankan Citayam Fashion Week Digelar Saat CFD

“Dulu peserta Lintas Melawai datang menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan CFW banyak menggunakan KRL dan moda transportasi umum yang murah,” jelas Fadjar saat dihubungi, kemarin.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta perlu membuat ruang publik khusus sebagai wadah kreativitas generasi muda. Di Ibu Kota sebenarnya mulai banyak tersedia ruang publik, tapi untuk bersantai dan olahraga.

Bukan untuk mengakomodasi segmen kegiatan unjuk diri. Fenomena CFW menjadi masukan untuk Pemprov DKI bahwa generasi milenial membutuhkan tempat untuk berkreativitas.

Baca juga : Ditegaskan Anies, Citayam Fashion Week Nggak Dilarang

“Saya berharap fenomena ini dapat mendorong semua pemimpin daerah untuk melirik dan membuatkan tempat kreativitas unjuk diri anak muda,”ungkap Fadjar.

Fadjar kurang setuju dengan rencana memindahkan CFW ke Sarinah. Karena, Sarinah sudah mempunyai segmentasi sendiri. Persoalan lainnya, lokasi Sarinah berjarak cukup jauh dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Kemudian, Sarinah tidak sesuai dengan karakter generasi milenial yang egaliter.

“Untuk masuk ke Gedung Sarinah harus banyak tata aturan yang dipenuhi seperti tak boleh duduk di lantai,” kata Fadjar.

Baca juga : HUT Ke-66, Bank Danamon Komit Kolaborasi Dan Berikan Layanan Terbaik

Dia menuturkan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memang menyiapkan Sarinah sebagai ruang menyalurkan kreativitas. Tapi sasarannya mengakomodir pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan industri kreatif untuk memamerkan produknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.