Dark/Light Mode

Tempat Baru Kudu Dekat Stasiun KA

Kota Tua Lokasi Ideal Citayam Fashion Week

Rabu, 27 Juli 2022 07:30 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: ANTARA).
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Fadjar menilai, pelataran Bank Mandiri di Kawasan Kota Tua, lebih tepat sebagai tempat pengganti CFW di Dukuh Atas. Lokasi ini berada di Kawasan wisata. Dan, dekat dengan Stasiun Jakarta Kota. Lokasi ini mudah diakses komunitas SCBD.

“Untuk memanfaatkannya, Pemprov DKI bisa berkoordinasi dengan Menteri Erick Thohir yang kini tengah melakukan revitalisasi dan penataan Kota Tua,” ungkapnya.

Rencana memindahkan lokasi CFW sebelumnya disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Menurutnya, CFW di zebra cross tersebut melanggar ketertiban umum. Ajang fashion show di tengah jalan mengganggu aktivitas orang berjalan dan menyeberang. Tak hanya itu, banyak pengendara motor yang hendak menyaksikan CFW parkir di trotoar.

“Jalur sepeda dijadikan parkir motor itu sangat mengganggu,” ujarnya.

Baca juga : Polda Metro Sarankan Citayam Fashion Week Digelar Saat CFD

Riza menyebut empat lokasi yang dapat dijadikan lokasi pengganti CFW. Yakni, kawasan Monumen Nasional (Monas), Senayan, Taman Ismail Marzuki (TIM), dan pelataran Sarinah.

“Empat lokasi tersebut nanti bisa menjadi tempat fashion week. Yang penting jangan melakukan kegiatan di tengah jalan,” tegasnya.

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Israyani mengimbau, CFW tidak digelar setiap hari di Dukuh Atas. Karena, lokasi itu banyak digunakan masyarakat lain seperti pengguna jalan. Masyarakat mesti bijak menyikapi fenomena CFW.

“Fenomena ini ada efek baik dan buruknya. Semua stakeholder terkait mesti mengambil kebijakan yang dapat mengakomodir komunitas CFW dan masyarakat sekitar lokasi,” ungkapnya.

Baca juga : Ditegaskan Anies, Citayam Fashion Week Nggak Dilarang

Pake Angkutan Umum

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meminta pengunjung CFW menggunakan layanan transportasi umum. “Tidak ada lahan parkir yang akomodatif di kawasan itu. Agar tidak menimbulkan kemacetan, gunakan angkutan umum,” pinta Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Dukuh Atas, Jakarta, kemarin.

Syafrin menyebut ada lima layanan transportasi umum yang bisa dimanfaatkan pengunjung menuju Dukuh Atas. Yakni, Transjakarta di Halte Dukuh Atas, Moda Raya Terpadu (MRT) di Stasiun Dukuh Atas, dan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Sudirman. Kemudian, Kereta Bandara di Stasiun BNI City dan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek yang akan segera beroperasi.

Ditegaskannya, memarkirkan kendaraan di trotoar atau di badan jalan melanggar aturan. Selain tidak sesuai peruntukan, memicu kepadatan arus lalu lintas. Pihaknya akan intensif melakukan penertiban bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk menjaga ketertiban.

Baca juga : HUT Ke-66, Bank Danamon Komit Kolaborasi Dan Berikan Layanan Terbaik

Seperti diketahui, banyak kendaraan pribadi parkir di Jalan Sudirman, tepatnya di atas kawasan Dukuh Atas, pada Minggu (24/7). Parkir liar itu menggunakan badan jalan dan trotoar sehingga memicu kemacetan lalu lintas. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.