Dewan Pers

Dark/Light Mode

Berlaku Pertengahan Agustus

Murah Meriah, Rp 10 Ribu Bisa Naik MRT, Transjakarta Dan LRT

Jumat, 5 Agustus 2022 15:21 WIB
Aplikasi JakLingko Indonesia. (Foto: Istimewa)
Aplikasi JakLingko Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tarif tiga moda umum milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal terintegrasi melalui aplikasi Jaklingko mulai pertengahan Agustus ini. Penumpang hanya membayar maksimal Rp 10 ribu LRT, Transjakarta dan MRT Jakarta dengan durasi selama tiga jam.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhammad Kamaluddin mengungkapkan, eksekusi penerapannya tinggal menunggu payung hukum dari Pemprov DKI Jakarta melalui Keputusan Gubernur (Kepgub)

“Nanti bukan sekadar uji coba lagi, dari Pemprov sendiri sudah mendapatkan rekomendasi dari DPRD kepada Pak Gubernur untuk tarif integrasi ini. Targetnya pertengahan bulan Agustus ini diluncurkan," kata Kamaluddin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (4/8).

Kamaluddin menjelaskan, tarif integrasi tiga moda akan berlaku maksimal Rp 10 ribu untuk perjalanan maksimal tiga jam. Namun jika hanya menggunakan satu jenis moda saja, pengguna hanya dikenakan tarif normal sesuai operator.

Berita Terkait : Loyalitas CR7 Diragukan

Pengguna transportasi juga bisa merencanakan perjalanan sekaligus membayar tiket melalui aplikasi dan kartu JakLingko yang juga segera diluncurkan. Aplikasi JakLingko dapat diunduh melalui sistem berbasis android (playstore) maupun iOS (appstore).

Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat memilih transportasi yang tercepat, maupun yang terjangkau. Penerapan tarif integrasi maksimal Rp 10 ribu ini akan berlaku selama enam bulan ke depan, kemudian dievaluasi kembali.

Dengan tarif integrasi ini, JakLingko berharap jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum akan meningkat hingga 16 persen di setiap moda transportasi dalam satu tahun pertama.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sebanyak 60 persen warga ibu kota menggunakan lebih dari satu moda transportasi, 20 persen lebih menggunakan tiga moda dan sisanya menggunakan satu moda.

Berita Terkait : JCB-OISCA Tanam 10 Ribu Bakau Di Desa Tunggulsari Jateng

"Kami optimis sesuai dengan proyeksi ini, akan menarik minat banyak pengguna, dan juga mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum," kata Kamaluddin.

Ke depan, Kamaluddin memproyeksikan Palembang dan Surabaya ikut menerapkan tarif integrasi untuk jaringan transportasi kota.

"Jadi dimulainya dari Jakarta, tetapi bisa dilakukan integrasi di kota-kota lain, seperti Palembang dan Surabaya. Nanti kita dorong supaya bisa diterapkan juga," ujarnya.

Kamaluddin bilang, tarif integrasi dan pembayaran ini dapat dilakukan di kota-kota yang memiliki transportasi umum dengan jumlah penumpang yang cukup banyak. Selain untuk mengatasi kemacetan, tarif integrasi ini akan membuat pembayaran lebih efisien.

Berita Terkait : 10 Ribu Tambahan Kuota Haji Hangus

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Kepgub tarif integrasi JakLingko sedang difinalisasi.

“Dan paralel dengan itu juga sedang difinalisasi integrasi di tiga moda: LRT, MRT, dan Transjakarta,” kata Syafrin, beberapa pekan lalu.

Syafrin menargetkan tarif integrasi JakLingko akan diluncurkan Agustus 2022.

”Kita harapkan di Bulan Agustus sudah bisa diluncurkan, dan bisa dirasakan oleh masyarakat manfaat dari paket tarif integrasi Jaklingko,” tuturnya. ■