Dark/Light Mode

Cuaca Ekstrem Diramal Menghantam Jakarta

Waspada Bencana Banjir, Longsor Dan Pohon Tumbang

Kamis, 6 Oktober 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Dan 13 RT di Kelurahan Pela Mampang dengan ketinggian banjir 100 cm. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kali Krukut dan Kali Mampang.

Untuk 7 ruas jalan yang tergenang yakni Jalan Pangeran Antasari Nomor 88, Cipete Selatan, Cilandak, Jaksel dengan ketinggian air 20 cm. Jalan RS Fatmawati 15, Gandaria Selatan, Cilandak, Jaksel dengan ketinggian 20 cm.

Baca juga : BPBD Imbau Warga Jakarta Waspada Banjir Dan Longsor

Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jaksel dengan ketinggian air 20 cm. Jalan Tegal Parang Selatan, Mampang Prapatan, Jaksel dengan ketinggian air 20 cm. Jalan Raya Raden Inten II, Duren Sawit, Jakarta Timur(Jaktim) dengan ketinggian air 20 cm. Jalan Taman Mini 1, Pinang Ranti, Makasar, Jaktim dengan ketinggian air 30 cm. Dan, jalan Raya Kalimalang, Cipinang Melayu, Makasar, Jaktim dengan ketinggian air 45 cm.

BPBD DKI menyiagakan petugas untuk memantau seluruh genangan di setiap wilayah, dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air/Dinas Bina Marga/Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan bersama para lurah dan camat setempat.

Baca juga : Dubes China Di Jakarta Buka Suara Soal Kunjungan Pelosi Ke Taiwan

“Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” ujar Isnawa.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyebut, selain Jakarta, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sebagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan. Kepulauan Riau, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Baca juga : KPK Geledah Rumah Dan Apartemen Di Jakarta, Bekasi, Dan Sleman

Dia menekankan, pentingnya pengecekan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air, penataan lingkungan, pengelolaan sampah, pencegahan penebangan pohon di daerah lereng, dan penghijauan dalam upaya meminimalkan dampak peningkatan curah hujan.

“Instansi terkait perlu melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh saat tertiup angin kencang. Serta menggencarkan sosialisasi dan edukasi mengenai mitigasi bencana hidrometeorologi,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.