Dewan Pers

Dark/Light Mode

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Anggota DPR Lasmi Indaryani Dalam Penganggaran Proyek Di Banjarnegara

Kamis, 23 Juni 2022 20:55 WIB
Mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan mendalami dugaan keterlibatan Anggota DPR Lasmi Indaryani dalam kasus dugaan korupsi pengadaan proyek dan penerimaan gratifikasi di Kabupaten Banjarnegara.

Politikus Partai Demokrat itu diduga terlibat dalam penganggaran proyek di Pemerintah Kabupaten Banjanegara. Dugaan tersebut sempat didalami KPK saat memeriksa Lasmi sebagai saksi dalam kasus ini.

"Ya nanti kami akan konfirmasi informasi data itu (penganggaran proyek) apakah terkait apa. Pertanyaan-pertanyaanya kami akan kami sampaikan setelah selesai diperiksa ya kan nanti pada saatnya dipanggil," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (23/6).

Berita Terkait : Anggota DPR Lasmi Indaryani Dicecar KPK Soal Penganggaran Proyek Di Banjarnegara

Dia menegaskan, KPK akan kembali memeriksa Lasmi untuk tersangka lainnya dalam perkara ini. Hanya saja, ia tak menyebutkan kapan Anggota DPR Dapil Jawa Tengah VII itu diperiksa.

"Itu pasti kami panggil (Lasmi) lagi sebagai saksi untuk tersangka lainnya. Karena di tersangka pengembangan kemarin setelah yang bupati dituntut, jadi putus, bahkan ya sampai sekarang banding kemudian kan kami tetapkan lagi sebagai tersangka dan kawan-kawan. Nah nanti dia sebagai saksi untuk kawan-kawannya," tegas Ali.

Sebelumnya, Lasmi telah diperiksa sebagai saksi pada Rabu (15/6) lalu. Penyidik KPK mencecar Lasmi soal proses penganggaran untuk pengadaan berbagai proyek di Pemkab Banjarnegara.

Berita Terkait : Jaksa: Tak Ada Bukti Kuat…

"Lasmi Indaryani, hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses penganggaran untuk pengadaan berbagai proyek di Pemkab Banjarnegara tahun 2019-2021," bebernya.

Meski begitu, Ali enggan menyampaikan secara rinci mengenai sepak terjang Lasmi dalam sengkarut kasus ini. Lasmi sendiri mengundurkan diri sebagai saksi untuk tersangka Budhi Sarwono, yang tak lain adalah ayahnya sendiri.

Lasmi duduk sebagai anggota DPR fraksi Demokrat dari dapil Jateng VII, meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen.

Berita Terkait : Sahabat Ganjar Gelar Rangkaian Kegiatan Inovatif, Kreatif, Dan Penuh Manfaat Di Bali

Dia bertugas di Komisi V dengan lingkup tugas di bidang infrastruktur dan perhubungan. Berdasarkan penelusuran, Lasmi sempat menjabat Direktur Utama PT Semangat Muda. Sejumlah proyek pun pernah dimenangkan perusahaan konstruksi itu.

Sementara Budhi sebelumnya sempat mengaku memiliki saham di PT Semangat Muda, PT Sutikno Tirta Kencana, dan PT Buton Tirto Baskoro. Perusahan itu bernaung dalam PT Bumi Redjo.

Senin (13/6), KPK telah mengumumkan sedang melakukan pengusutan penyidikan perkara baru yang melibatkan Budhi Sarwono. ■