Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bareng Ganjar, Jokowi Rayakan Hasil Panen Ribuan Petani Perhutanan Sosial

Rabu, 8 Juni 2022 19:53 WIB
Presiden Jokowi (kanan) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah), dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam acara syukuran hasil bumi bersama ribuam petani perhutanan sosial di Lapangan Cepoko, Tumbrep, Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6). (Foto: Humas Jateng)
Presiden Jokowi (kanan) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah), dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam acara syukuran hasil bumi bersama ribuam petani perhutanan sosial di Lapangan Cepoko, Tumbrep, Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan petani penggarap lahan perhutanan sosial memenuhi Lapangan Cepoko, Tumbrep, Bandar, Kabupaten Batang, Rabu (8/6).

Mereka datang dari berbagai penjuru Jawa Tengah, untuk merayakan syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial bersama Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sejak pagi hari, lautan manusia sudah terlihat berbondong-bondong menuju lokasi. Bahkan, para petani dari berbagai daerah itu rela berjalan kaki cukup jauh, dari tempat parkir ke lokasi acara.

Saking banyaknya yang hadir, tidak semua petani dapat masuk ke area tenda utama. Namun, itu tidak menyurutkan niat mereka.

Keseruan perayaan begitu terasa, karena masyarakat yang di luar area, membuat barikade sepanjang jalan masuk ke tenda utama.

Berita Terkait : Jokowi: Negara Lain Banyak Yang Krisis Pangan, Lahan Kosong Jangan Dibiarkan

Acara makin bertambah seru, ketika rombongan Presiden beserta beberapa menteri dan Gubernur Ganjar Pranowo tiba di lokasi.

Nama Jokowi dan Ganjar diserukan berkali-kali. Terdengar sangat lantang di antara ribuan orang.

“Pak Jokowi. Pak Ganjar. Foto Pak, foto,” seru warga secara bergantian, disambut lambaian tangan Jokowi dan Ganjar.

Keduanya mendekat untuk menyapa, dan merasakan kebahagiaan bersama masyarakat.

Ganjar terlihat berkali-kali memberi salam kepada masyarakat. Ia bahkan melayani warga, yang menerobos hanya untuk berswafoto.

Berita Terkait : Bertemu Menlu Arab Saudi, Jokowi Apresiasi Pencabutan Larangan Ke Indonesia

Ganjar terlihat tak canggung sama sekali. Wajahnya bahkan tampak berseri-seri melihat kemeriahan dan kebahagiaan warga.

“Sehat-sehat semua ya,” ujar Ganjar sambil menyalami warga satu per satu.

Ganjar menyebut, warga kini telah merasakan manfaat perhutanan sosial. Para petani yang mengolah lahan perhutanan sosial, terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi dari hasil bumi yang melimpah.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan, lahan telantar harus benar-benar dimanfaatkan dengan benar. Semua harus bisa menjadi lahan produktif.

Ia pun meminta agar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendampingi, baik terkait manajemen maupun sarana dan prasarana.

Berita Terkait : BTN Dukung Implementasi Gerakan Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

“Saya minta agar para petani perhutanan sosial ini juga diperhatikan sarana dan prasarananya. Saya minta juga agar ada percepatan dalam rangka redistribusi lahan maupun juga SK-nya. Nggih setuju nggih? Bu Siti mohon didengarkan beliau-beliau ini,” katanya.

Jokowi mengajak para petani dan masyarakat untuk mengambil peluang, dan memanfaatkan lahan yang mereka kelola dengan menanam tanaman pangan pokok. Seperti padi, jagung, porang, hingga sorgum.

"Saya mengajak kita semuanya untuk menanam tanaman-tanaman yang menghasilkan bahan pangan pokok. Silakan tanami padi, jagung, sorgum. Silakan,” tandas Jokowi. ■