Dark/Light Mode

Penerapan Tap In-Tap Out Masih Semrawut

Minta Refund, Penumpang Transjakarta Dipingpong...

Jumat, 28 Oktober 2022 07:30 WIB
Calon penumpang memindai kartu uang elektronik di Halte Harmoni Transjakarta, Senin (10/10/2022). Penumpang moda transportasi mulai beradaptasi dengan adanya perubahan sistem satu kartu satu uang elektronik di layanan bus Transjakarta oleh PT Jaklingko Indonesia. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa).
Calon penumpang memindai kartu uang elektronik di Halte Harmoni Transjakarta, Senin (10/10/2022). Penumpang moda transportasi mulai beradaptasi dengan adanya perubahan sistem satu kartu satu uang elektronik di layanan bus Transjakarta oleh PT Jaklingko Indonesia. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan sistem baru Transjakarta yang mewajibkan penumpang tap in dan tap out, hingga kini masih semrawut. Banyak penumpang saldonya kepotong dua kali. Parahnya lagi, mereka dipingpong alias dipersulit saat meminta pengembalian saldo (refund).

Sistem tersebut diterapkan sejak 4 Oktober 2022. Hampir sebulan, layanan tersebut belum mengalami perbaikan signifikan. Akibatnya, sering terjadi penumpukan di halte akibat penumpang kesulitan melakukan tap out.

Banyak penumpang menumpahkan keluhannya di akun Instagram resmi milik Transjakarta, @pt_transjakarta.

Baca juga : PPPOMN Fasilitasi Percepatan Pengembangan Industri Obat Dan Makanan

“Udah lama nggak naik busway. Sekalinya naik malah saldo kepotong 2 kali. Tap in kepotong, pas tap out kepotong lagi. Ternyata banyak juga yang ngalamin,” kata @panda_panpan.julid.

“Tolong perbaiki sistemnya!! Rugi saya kalo setiap tap in tap out terpotong 2 kali!!!” cetus @ icha_2104. “Sistemnya nggak jelas. Masa tap in dan tap out kepotong. Jadi double tarif dong,” ujar @dewijana_.

“Tolong dong sistemnya diperbaiki, saldo gue kepotong 2 kali. Bahkan ini bukan kali pertama, udah sering. Masa gue harus ikhlas terus sih, mohon dibantu @pt_transjakarta,” pinta @yenibeing. “Payah. Sistem baru malah merugikan. Sekali perjalanan tapi tarifnya dua kali,” curhat @reynoviandaa.

Baca juga : Duh, Kedai Kopi Di Halte Harmoni Bikin Sumpek...

Selain di akun Transjakarta, banyak warganet mengeluhkan hal serupa di akun stakeholder terkait seperti di akun Instagram Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, curhatan penumpang Transjakarta yang saldonya terpotong dua kali viral di Twitter. Penumpang dengan akun @Dee_iaz menceritakan pengalaman tidak mengenakan yang dialaminya. Dia mengaku sampai berantem dengan sopir Transjakarta akibat saldonya terpotong dua kali.

“FYI tadi gw naik @PT_ Transjakarta 7E jam 6.22. Silahkan kalo mau laporin saya, saya siap ketemu atasan anda @PT_Transjakarta,” ujarnya.

Baca juga : Duh, Penumpang Transjakarta Trauma Alami Pelecehan Di Bus

@Dee_iaz menyebut, saat itu dia diminta sopir Transjakarta untuk tap out. Namun, dia minta jaminan, jika saldonya terpotong lagi, sopir harus menggantinya. Dan, benar saja, saat tap out saldonya kembali terpotong Rp 2 ribu, padahal saat tap in sudah terpotong Rp 3.500.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.