Dark/Light Mode

Jakarta Diguyur Hujan Dan Angin, Puluhan Pohon Tumbang

Atasi Banjir Pake Gagasan Teknokratis, Bukan Politis

Senin, 7 November 2022 07:30 WIB
Pohon tumbang di sekitar stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: TMC Polda Metro Jaya).
Pohon tumbang di sekitar stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: TMC Polda Metro Jaya).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan deras disertai angin kencang mengguyur Ibu Kota, Sabtu (5/11). Akibat cuaca ekstrem ini, sejumlah daerah tergenang banjir dan puluhan pohon tumbang.

Hingga Sabtu (5/11), pukul 18.00 WIB, banjir terjadi di 84 Rukun Tetangga (RT) dan 2 ruas Jalan. Dan, sebanyak 20 pohon tumbang terjadi di berbagai wilayah di Ibu Kota.

“Genangan berasal dari curah hujan tinggi dan luapan kali yang ada di Jakarta,” ungkap M Insyaf, Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabtu (5/11).

Baca juga : Dubes Pakistan: Banyak Korban Menanti Bantuan

Bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan stakeholder terkait, BPBD DKI terjun ke lokasi melakukan penyedotan air dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik agar genangan cepat surut.

Dari 84 titik banjir, sebanyak 83 titik lokasinya di Jakarta Selatan (Jaksel). Rinciannya, 8 RT di Kelurahan Bintaro dengan ketinggian air 50-60 centi meter (cm), 9 RT di Kelurahan Pesanggrahan dengan ketinggian 40-50 cm, 1 RT di Kelurahan Petukangan Selatan dengan ketinggian 80 cm, 10 RT di Kelurahan Petukangan Utara dengan ketinggian 60 cm.

Kemudian, 38 RT di Kelurahan Petogogan dengan ketinggian 80 cm, 1 RT di Kelurahan Cipulir dengan ketinggian 100 cm, 1 RT di Kelurahan Kebayoran Lama Utara dengan ketinggian 40 cm, 6 RT di Kelurahan Pela Mampang dengan ketinggian 60- 100 cm, 9 RT di Kelurahan Tegal Parang dengan ketinggian 50 cm. Dan, 1 titik banjir lagi di Jakarta Pusat, di Kelurahan Bendungan dengan ketinggian 50 cm.

Baca juga : Program Penanggulangan Terorisme Jalan Terus

Sementara untuk ruas jalan tergenang yakni Jalan Ciledug Raya, Kebayoran Lama, Jaksel dengan ketinggian 40 cm. Dan, Jalan Kemang Raya, Mampang Prapatan, Jaksel dengan keting[1]gian 30 cm.

Untuk pohon tumbang, Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, 11 dari 20 pohon tumbang sudah selesai ditangani.

“Kami berkoordinasi dengan Gulkarmat (Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan), Sudin Pertamanan Jaksel dan PLN menangani bersama-sama pohon tumbang di 20 titik pohon tumbang yang menimpa kabel listrik, rumah, dan kendaraan,” ungkapnya.

Baca juga : Pengungsi Kekurangan Makanan, Baju Dan Obat

Berikut data pohon tumbang yang belum selesai ditangani yakni, di Jalan Swadarma Raya No 2, Ulujami, Pesanggrahan. Di Komplek BIN, RT 11 RW 05, Pejaten Timur, Pasar Minggu. Di Jalan Triloka XII Komplek AURI, RT 03 RW 04, Pancoran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.